Goa Kreo: Sejarah, Mitos, hingga Negeri Atas Awan yang Bikin Penasaran – Semarang nampaknya semakin unjuk gigi dalam menyediakan wisata alam yang memukau. Tidak mau kalah dengan kota-kota besar yang tersohor, pariwisata di daerah Perbukitan Gunung Krincing, Jawa Tengah mulai menunjukkan sisi kekinian dan diminati oleh kaum milenial. Anda jangan buru-buru menafsirkan bahwa wisata Goa akan menjadi wisata yang mistis.

Foto : @kefin_fm

Foto : duniaindra.com

Menilik Sejarah dan Mitos Kreo Semarang

Sekalipun bernama wisata Goa, tapi tidak seseram yang dibayangkan. Apalagi jika menilik sejarah atau mitos yang mengiringinya. Ada banyak cerita yang beredar dari masyarakat lokal Semarang mengenai Goa yang dihuni oleh kera jenis ekor panjang. Dahulu sekali di zaman Sunan Kalijaga saat ingin menebang kayu jati yang akan dipergunakan untuk membangun Masjid Agung di Demak.

Sayangnya, kayu jati yang ditebang justru berpindah-pindah, dan ini yang menyebabkan Sunan Kalijaga harus melakukan persemedian demi mengetahui letak kayu jati yang mendadak berpindah tersebut. Mitosnya, Sunan Kalijaga melakukan semedi di dalam sebuah Goa yang diperkirakan Kreo adalah tempatnya. Setelah mendapatkan petunjuk dari letak kayu yang berpindah tersebut, maka perjalanan pun dilanjutkan.

Saat di tengah perjalanannya untuk menemukan jati yang dapat berpindah, Sunan Kalijaga dihalang oleh sekelompok orang jahat, dan mengharuskannya untuk melakukan pertarungan. Kemenangan pun membawa Sunan Kalijaga kembali bertemu dengan kayu jati yang hendak dibawanya ke Demak. Lalu, dililitkannya batang jati dengan selendang agar tidak lagi berpindah, dan kemudian dialiri melalui sungai.

Sayangnya, batang kayu jati yang begitu besar justru tersangkut dan sulit untuk kembali dialirkan agar segera sampai ke Demak. Kesulitan Sunan Kalijaga pun teratasi saat 4 ekor kera ekor panjang dengan warna yang berbeda membantunya. Batang kayu jati yang hendak digunakan untuk membangun Masjid Agung pun terlepas dan diputuskan untuk dibelah menjadi 2. Sekawanan kera yang setia tersebut menawarkan diri untuk ikut Sunan Kalijaga.

Namun, tawaran itu ditolak lantaran mereka bukanlah manusia, dan sebagai rasa terima kasih atas bantuan para kera tersebut, Sunan Kalijaga memberikan kawasan hutan di Goa Kreo sebagai tempat tinggal 4 ekor kera berwarna merah, hitam, kuning, dan putih. Masyarakat sekitar Semarang meyakini bahwa kera ekor panjang yang hidup hingga saat ini merupakan keturunan dari 4 ekor kera yang setia di zaman Sunan Kalijaga.

Uniknya Aktivitas dan Fasilitas di Kreo Semarang

Sekalipun jauh dari kesan yang mengerikan dari segi tampilan dan penyajian kawasan wisatanya, goa di Semarang ini justru memiliki aktivitas dan fasilitas yang terbilang unik. Anda sebagai pengunjung harus tetap hati-hati dan selalu mengikuti aturan yang diberlakukan selama berada di kawasan yang memang dihuni oleh kera ekor panjang ini. Tidak perlu takut terhadap kawanan kera karena mereka telah terbiasa dengan kehadiran wisatawan.

Sesekali atau saat hasil bumi melimpah, masyarakat sekitar Kreo akan melangsungkan acara tradisional berupa Rewanda. Acara ini bentuk dari hasil rasa syukur dan mengasihi makhluk hidup, dengan memberikan hasil bumi atau berupa makanan manusia untuk para kera ekor panjang. Namun, pastikan Anda tidak ikut mengambil makanan tersebut. Sebab, ini sangat dilarang untuk dilakukan, dan apabila dilanggar bisa berakibat fatal.

Anda harus menghargai dan menghormati setiap bentuk dari tradisi yang dilakukan di Goa Kreo. Jangan sampai melakukan hal yang dilarang, karena yang rugi adalah diri sendiri. Terdengar mistis, tapi bukan berarti untuk menakuti, cukup untuk menghargainya saja, dan hormati segala bentuk tradisi di Kreo. Beralih ke fasilitas yang disediakan oleh pengelola, Kreo menjadi salah satu wisata alam yang instagenik dan diburu oleh kaum milenial.

Ada wahana speedboat yang siap membawa Anda berkeliling Waduk Jatibarang. Anda harus tetap berhati-hati selama beradai di speedboat, gunakan pakaian pelampung yang memenuhi standar agar tidak terjadi bahaya, serta tidak melakukan hal konyol selagi berlayar di waduk ini. Fasilitas yang paling diburu oleh pengunjung Goa Kreo ialah spot foto negeri di atas awan dan sakura layaknya di Jepang, lengkap dengan persewaan kimono.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment