Menapaki Mitos Air Terjun Semirang yang Penuh Pesona – Jarik yang lepas dari seorang perempuan bersuami menjadi sebuah mitos yang melekat pada curug air terjun di Semarang ini. Semirang sendiri memiliki kata dasar Wirang yang berarti malu. Sesuai dengan mitosnya, di mana Sari yang merupakan istri dari Sraya harus telanjang akibat jariknya yang ditarik oleh Jin Barok saat hendak kabur melintasi lereng yang terpisah jurang.

Foto : inews.id

Foto : @chochoshima

Sraya yang sedang melakukan persemedian demi mendapatkan Bunga Kalakecika pun menolong sang istri. Jin Barok yang mengganggu istrinya pun dikalahkan. Pada akhirnya Sraya dan Sari melakukan persemedian bersama di curug ini untuk mendapatkan Bunga Kalacika sesuai dengan amanat dari Resi yang tidak lain merupakan ayah dari Sari. Jarik Sari yang terlepas inilah yang menjadi awal mula penamaan curug yang kini menjadi idola.

Tidak hanya warga sekitar Semirang saja yang ingin menapaki mitosnya, tapi luar Semarang pun sangat ingin berwisata ke sini. Pemandangannya yang hijau asri memiliki perpaduan dengan suara derasnya gemericik air terjun yang mengalir dari ketinggian sekitar 45 meter. Curug Semirang termasuk di dalam kawasan hutan lindung yang memiliki luas mencapai 10 hektar. Anda bisa melakukan ragam aktivitas yang tak terlupakan di curug Semirang.

Menikmati Pemandangan Air Terjun yang Tinggi Khas Semirang

Berwisata alam memang harus menyiapkan fisik yang fit dan kaki yang prima untuk menapaki setiap jalanan yang pastinya tidak selalu mulus. Sampai di lokasi Semirang, Anda yang membawa kendaraan harus siap untuk merogoh kocek sekitar 9 ribu rupiah per orang, dan biaya parkir 2 ribu rupiah untuk motor, atau mobil dengan biaya parkir 5 ribu rupiah. Kendaraan harus diparkirkan di tempat yang pengelola Semirang sediakan.

Anda selanjutnya harus menempuh ke lokasi Air Terjun Semirang dengan berjalan kaki, karenanya pakailah alas kaki yang nyaman dan tidak licin, serta cocok untuk di alam terbuka. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 500 meter untuk dapat memandang langsung air terjun yang memiliki mitos terkenal di Semarang ini. Pastikan untuk membawa pakaian ganti saat ke curug Semirang, air terjun yang jernih sangat menggoda untuk main basah-basahan.

Berenang di Kolam Hijau Semirang

Kolam renang yang tidak boleh Anda lewati untuk menapaki setiap mitos yang ada di curug Semirang ialah kolam renangnya yang berwarna hijau. Tenang saja, ini bukan karena jorok atau ditumbuhi lumut, melainkan airnya yang jernih mendapatkan pantulan warna hijau dari pepohonan yang ada di sekitarnya. Kapan lagi Anda bisa berenang di alam terbuka, kalau bukan di curug Semirang.

Sekalipun Anda berenang di siang hari, kolam renang hijau Semirang tetap memberikan keteduhan, karena payung hidup yang ada di sekitarnya. Sensasi berenang yang sejuk dengan pemandangan asri khas Semirang akan memberikan kenyamanan secara lebih untuk menyegarkan diri sejenak dari ragam aktivitas yang pastinya membuat penat. Air Terjun Semirang memang selalu dirindukan, karena kolam renangnya yang begitu menawan.

Camping di Curug Semirang

Jika Anda merasa sehari tidak cukup puas untuk menikmati seluruh sajian alam yang terbentang di curug Semirang, maka bisa memilih untuk menginap. Tenang saja, pengelola Semirang menyediakan ragam pilihan yang pasti membuat nyaman. Mulai dari camping dengan sewa tenda untuk menginap di alam terbuka, hingga menginap mewah di penginapan yang bisa disesuaikan dengan kocek yang dimiliki.

Lokasi camping terletak tidak begitu jauh dari Air Terjun Semirang. Sehingga, sewaktu-waktu ingin menatap air terjun bisa mudah dilakukan, tapi tetap harus berhati-hati. Tempat camping di Semirang ini cukup direkomendasikan bagi Anda yang memiliki komunitas atau ingin melakukan wisata di alam terbuka bersama keluarga. Soal harga, Anda bisa langsung melakukan negosiasi kepada pengelola camping Semirang.

Mendapatkan Foto yang Instagramable di Semirang

Berwisata tanpa berfoto ria adalah hal yang sangat mustahil di era yang serba teknologi seperti sekarang ini. Anda siapkan kamera terbaik, baik itu DSLR atau kamera smartphone, karena Air Terjun Semirang setiap sudutnya memberikan sisi yang instagramable. Sudah banyak buktinya yang bisa ditemukan di berbagai media sosial, para pengunjung yang melakukan foto ala artis instagram dengan lokasi Semirang.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment