Wisata Alam Air Terjun Kali Pancur di Semarang Atas yang Megah – Saat berada di kota lumpia Semarang, Anda tidak hanya dimanjakan dengan berbagai kuliner yang lezat. Di kota ini Anda juga bisa menikmati keindahan alam berupa air terjun yang megah.

Foto : @andiprayitno55

Foto : @indahw

Lokasi objek wisata yang satu ini cukup tersembunyi di lereng Gunung Telomoyo dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Untuk pengelolaannya sendiri belum dikelola oleh pemerintah daerah melainkan masih berada di tangan masyarakat desa sekitar.

Itu sebabnya, seluruh dana yang masuk dari pengunjung berupa tiket masuk dan biaya parkir digunakan untuk meningkatkan pembangunan fasilitas objek wisata. Diantaranya adalah fasilitas toilet umum yang bersih, mushola yang lengkap dengan sarung, mukena, dan sajadah, serta lahan parkir.

Lokasi dan Tiket Masuk

Anda bisa mendatangi objek wisata yang dikenal dengan sebutan Semarang Atas ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Lokasinya berada di Desa Nogosaren, Kec. Getasan, Semarang.

Jarak tempuh yang dilalui sekitar 14,5 Km dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Rute yang harus dilewati adalah mengikuti jalan Lingkar Selatan Salatiga menuju ke jalan Raya Kopeng dan lurus terus hingga tiba di jalan Magelang, Salatiga.

Kemudian, lanjutkan perjalanan sampai di jalan Raya Banyubiru hingga tiba di daerah Gejayan. Tiba di area ini, ada banyak papan informasi yang menunjukkan jalan menuju air terjun hingga tiba di area parkir Air Terjun Kali Pancur.

Jika Anda berencana menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dan turun di Terminal Jaka Tingkir Salatiga. Kemudian, pilih bus yang menuju ke Kopeng dan turun di Desa Wates. Berikutnya, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata alam air terjun ini, harga tiketnya cukup ramah dikantong yaitu sebesar Rp5 ribu. Sedangkan setiap kendaraan yang parkir di area yang telah disediakan akan dikenakan tarif sebesar Rp3 ribu untuk roda dua dan Rp5 ribu bagi pemilik kendaraan roda empat. Harga tiket masuk tersebut berlaku setiap hari, baik hari biasa maupun weekend atau hari libur nasional.

Pesona Alam Air Terjun Semarang Atas

Dari area parkir tersebut, Anda tidak bisa langsung menikmati keindahan pesona alam berupa air terjun yang asri. Anda harus menuruni sekitar 900 buah anak tangga terlebih dahulu untuk tiba di titik lokasi.

Tingkat kemiringan anak tinggi ini ada yang mencapai 70 derajat dan ada pula yang sudut kemiringannya mencapai 90 derajat. Itu sebabnya Anda harus menyiapkan stamina dan perbekalan yang cukup serta pakaian yang cocok agar perjalanan wisata Anda tidak terganggu.

Ketinggian curug atau Air Terjun Kali Pancur ini kurang lebih sekitar 100 meter. Sambil menyusuri anak tangga yang jumlahnya ratusan, Anda bisa sambil menikmati jajaran pepohonan yang rimbun.

Untuk waktu terbaik agar bisa menikmati keindahan alam penuh pesona berupa air terjun ini, Anda harus datang sekitar jam 8 pagi dan kembali ke Semarang kota sebelum jam 17.00. Sebab, kawasan ini akan menjadi gelap gulita apabila Anda sampai telat atau keluar dari area air terjun lebih dari jam 17.00.

Jika di musim kemarau, jalan di sekitar air terjun dan anak tangga cukup baik. Hanya saja, Anda tidak bisa maksimal menikmati pesona curug karena debit airnya sangat kecil. Sedangkan di musim penghujan merupakan saat paling tepat untuk menyaksikan keindahan air terjun di lereng Gunung Telomoyo ini.

Sebab, debit airnya cukup tinggi dan suara air yang menghantam bebatuan terasa sangat dekat sekali. Namun, Anda harus berhati-hati saat menaiki atau menuruni anak tangga karena jalanan tersebut cukup licin.

Begitu tiba di lokasi, Anda bisa mengambil spot foto yang jadi daya tarik seperti di jembatan dan area sekitar air terjun. Kolam utamanya tidak terlalu dalam, cukup aman jika Anda mengambil spot foto sambil berdiri di bebatuan sekitar air terjun. Aliran airnya tidak langsung turun menuju kolam utama melainkan lebih dulu mengguyur bebatuan yang tampak sedikit menonjol pada tebing batu.

Perpaduan antara panorama jatuhnya air dan tebing batu yang kokoh mampu menyajikan keindahan alam yang mampu menghapus rasa lelah saat menuruni ratusan anak tangga. Tunggu apalagi, segera jadwalkan perjalanan liburan Anda untuk menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur yang memesona.

By Published On: Kamis, 1 Juli 2021Views: 2807

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!