Yoyakarta, 15 Agustus 2024 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) mengapresiasi anak-anak muda berprestasi yang tergabung dalam Komunitas Karya Pelajar Mengabdi Bangsa (KOMIB) atas inovasi baru bernama “Fill It” sebagai salah satu wujud pariwisata dan ekonomi kreatif berkelanjutan.

“Saya mengapresiasi KOMIB, ini adalah contoh anak-anak muda yang tidak berhenti berinovasi setelah mesin penghilang sampah plastik, sekarang menciptakan inovasi mesin refill yang sangat dibutuhkan pengguna transportasi publik. Ini adalah bagian dari pariwisata berkelanjutan,” kata Menparekraf Sandiaga dalam acara “Peluncuran Mesin Baru KOMIB Fill It” di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, Bank Dunia mencatat Indonesia menghasilkan 7,8 juta ton sampah plastik setiap tahunnya. Dari total sampah tersebut, sebanyak 4,25 miliar merupakan sampah botol plastik, dan hanya sebesar 7 persen di daur ulang.

Dengan adanya mesin Fill It maka tidak hanya sarana refill yang tersedia tapi juga ada gerakan menjaga bumi agar tetap lestari.

“Fill It” juga diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pengurangan sampah plastik. Ke depan juga mesin ini diharapkan dapat ditemukan dengan mudah di setiap fasilitas umum yang ada di Jakarta bahkan menyebar ke kota-kota lainnya.

“Saya ingin nanti KOMIB bekerja sama juga dengan bank-bank sampah untuk mencapai pariwisata yang berkelanjutan untuk anak-anak muda menjaga lingkungan,” ujar Sandiaga.

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Prof. Dr. H. Muhammad Adlin Sila, M.A., Ph.D., menjelaskan bahwa di dalam kurikulum Merdeka Belajar terdapat yang disebut 5P dan salah satunya adalah kreativitas.

“Saya kira hari ini kita dipersembahkan satu produk dari hasil kreativitas KOMIB. Apa yang dihadirkan pada hari ini sangat kami dukung, kita butuhkan talenta-talenta berikutnya tidak hanya menciptakan produk yang sangat bagus tapi juga produk-produk lainnya yang bisa mendukung Indonesia hijau,” kata Adlin.

Wakil Ketua KOMIB sekaligus inisiator Fill It, Rayden Yap menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terkait yang telah konsisten dalam mendukung KOMID.

“Fill It hadir untuk mengurangi sampah botol plastik yang sekali pakai. Saya berharap Fill-It akan mendukung dan membangkitkan Indonesia hijau yang berkelanjutan,” ujar Rayden.

Mesin Fill It dapat ditemui di Halte Transjakarta Bundaran HI Astra. Untuk mendapatkan minuman refill caranya cukup mudah. Para pengunjung dapat menaruh tumbler di tempat yang telah disediakan, kemudian memilih minuman yang tersedia di vending machine, lalu scan barcode untuk proses pembayaran.

KOMIB merupakan sebuah wadah bagi para pelajar di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK se-Indonesia untuk berani mengekspresikan dan mengimplementasikan ide, gagasan, atau kemampuan yang dimilikinya sehingga bisa menghasilkan karya yang bernilai.

Turut hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf M. Neil El Himam; Sekretaris Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Riwud Mujirahayu.

Hadir pula, Direktur Bisnis dan Pemanfaatan Aset, PT Transportasi Jakarta, Fadly Hasan; Supervisor of KOMIB, Imas Mugi Restuni, dan Co-Founder KOMIB, Joel Mulyadi.

 

By Published On: Kamis, 15 Agustus 2024Views: 73

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!