Semarang, 28 Juli 2024- Badan Otorita Borobudur (BOB) berkolaborasi dengan Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator (MCEBI) telah tuntas melaksanakan Kegiatan Inkubasi Bisnis Berbasis Kompetisi bagi Pelaku Ekraf di Kawasan Pariwisata Borobudur di Universitas Muhammadiyah Semarang, Minggu (28/7).

Penutupan ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan Inkubasi Bisnis Berbasis Kompetisi bagi Pelaku Ekraf di Kawasan Pariwisata Borobudur, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Ekraf yang berdaya saing, serta fokus dalam mendukung Program penguatan Jejaring Desa Wisata serta keberlanjutan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Badan Otorita Borobudur ini bertujuan untuk membekali para pelaku usaha pariwisata keterampilan manajerial, pengembangan rantai pasok, diversifikasi produk dan layanan, penguatan jaringan bisnis, serta pemberdayaan ekonomi lokal.

Acara dimulai dengan sambutan dari Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Bisma Jatmika sambutan tersebut sekaligus menutup secara resmi kegiatan Inkubasi Bisnis Berbasis Kompetisi bagi Pelaku Ekraf di Kawasan Pariwisata Borobudur.

“Harapannya, semoga implementasinya kelak akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan Pelaku Ekonomi Kreatif dan Kawasan Pariwisata Borobudur serta dapat meningkatkan peluang pemasaran lokal maupun nasional.” ujarnya.

Tujuan lain dari kegiatan ini yaitu, meningkatkan kompetensi SDM Pelaku Ekraf, guna menciptakan Produk Ekraf yang berdaya saing di Kawasan Pariwisata Borobudur melalui Pelatihan dan Pendampingan serta Business Matching. Adapun jumlah peserta Pelatihan total sebanyak 16 orang dari 8 Desa Wisata terpilih dari 17 Desa Wisata di DPN Semarang-Karimunjawa yang masuk ke dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (Kandri, Wonolopo, Branjang, Srumbung Gunung, Lerep, Ngesrepbalong, Bendosari dan Muncar Moncer) selama 3 hari.

Diharapkan hasil dari Kegiatan ini akan mampu mencetak pengusaha-pengusaha muda di bidang Ekonomi Kreatif yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membantu usaha pemerintah dalam mencapai target 4,4 juta lapangan pekerjaan bidang parekraf.(*)

By Published On: Senin, 29 Juli 2024Views: 227

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!