Magelang, 25 Juli 2024 – Badan Otorita Borobudur mendukung gelaran Fashion Design Competition Ecoprint Fusion di Ketep Pass pada Kamis (25/7/2024) guna tingkatkan kualitas ekraf bidang Fashion.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Mulyanto hadir mewakili Pj. Bupati Magelang menyampaikan bahwa fashion dalam beberapa tahun belakangan ini memiliki trend yang positif.

“Fashion dalam kurung waktu kurang lebih 5 tahun belakang ini memiliki trend yang sangat positif. Apalagi sekarang fashion menjadi salah satu bidang Ekonomi Kreatif. Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini,” kata Mulyanto.

Acara ini menampilkan budaya alam Indonesia dengan harapan peningkatan pengembangan ekraf subsektor fashion

Tema kegiatan ini adalah Ecoprint Fashion Harmony in Sustainable Fashion. Sustainable fashion merupakan langkah konkrit dimana desainer memikirkan produk fashion yang siap pakai, bisa digunakan dalam berbagai acara ataupun situasi dan juga dapat dipadupadankan satu sama lainnya.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB, Bisma Jatmika juga menjelaskan bahwa fashion ini memiliki daya saing ke level global.

“Fashion sendiri memiliki daya saing global. Misalnya beberapa tahun lalu ada brand dari Indonesia yang mengikuti Paris Fashion Week. Itu sudah menunjukkan bahwa bidanf fashion kita mampu berkiprah di level internasional. BOB sendiri pernah mengadakan pelatihan ekraf fashion di DPN Solo-Sangiran dengan menggunakan sistem ecoprint,” kata Bisma

Ecoprint merupakan salah satu teknik pengolahan kain serat alam yang diberi motif menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang dan bagian tumbuhan lainnya.

By Published On: Kamis, 25 Juli 2024Views: 99

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!