Kulonprogo, 18 Juli 2024 – Desa Wisata Jatimulyo terletak di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini menawarkan wisata alam yang indah dan asri, dengan panorama pegunungan Menoreh dan Sungai Progo yang menawan. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas wisata seperti trekking, tubing, arung jeram, dan wisata edukasi.

Desa Jatimulyo juga terkenal dengan keramahan penduduknya dan budayanya yang masih terjaga. Pengunjung dapat merasakan pengalaman autentik tinggal di pedesaan Jawa dengan mengikuti berbagai kegiatan budaya seperti membatik, menari tradisional, dan mengikuti upacara adat.

Desa Wisata Jatimulyo telah mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik Indonesia 2023 dan kembali masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia ADWI) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Desa ini menjadi tujuan wisata yang ideal bagi para pelancong yang ingin mencari ketenangan dan kedekatan dengan alam, serta ingin merasakan budaya pedesaan Jawa yang autentik.

Desa wisata Jatimulyo juga menyediakan paket wisata yang dapat dipesan untuk wisatawan rombongan, maupun wisatawan tunggal. Paket wisata tersebut diantaranya, Paket Live In, Paket Atraksi yang terbagi menjadi Paket Budaya dan Paket Outbound, Paket Jelajah Wisata Jatimulyo, Paket One Day Tour (Bird Watching, budidaya madu lanceng, pembuatan gula jawa, edukasi kopi, trekking ke Kembangsoka atau Ekowisata Sungai Mudal) , dan Paket Camping Ground.

Kuliner yang khas adalah dawet sambel yang tidak ada di daerah lain. Dawet Sambel, juga dikenal sebagai Dawet Pecel, adalah hidangan kuliner unik. Berbeda dengan dawet biasa yang umumnya menggunakan gula merah cair sebagai pemanis, Dawet Sambel menghadirkan sensasi gurih dan pedas yang khas.

Dari segi ekraf, Desa Wisata Jatimulyo terkenal dengan kerajinan bambu yang dijual dalam skala nasional maupun internasional.Bambu diubah menjadi beragam produk seperti home decor, tampah, aneka wadah dari bambu dan topi bambu.

Desa wisata Jatimulyo menawarkan berbagai wisata budaya dan wisata alam untuk wisatawan. Wisatawan dapat mencoba susur gua Kiskendo dan gua Sumitra. Selain itu, wisatawan dapat menyaksikan sendratari Sugriwa Subali yang merupakan legenda khas gua Kiskendo. Obyek wisata yang terdapat di Desa Wisata Jatimulyo yakni Gua Kiskendo, Gua Sumitra, Curug Setawing, Grojogan Sewu, Watu Blencong, Gunung Lanang, Ekowisata Taman Sungai Mudal, Kembangsoka, Kedung Pedut, dan Watu Bolong. Selain itu, Wisatawan dapat bermalam sembari menikmati nuansa alam desa Jatimulyo di Omah Watu Blencong dan homestay-homestay milik warga. (*)

 

By Published On: Kamis, 18 Juli 2024Views: 126

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!