Temanggung, 26 Juni 2024 – Festival Petik Kopi Gemawang pada tahun ini kembali diadakan di Kecamatan Gemawang, Temanggung hari ini (26/06/2024). Festival Petik Kopi ini merupakan rangkaian yang setiap tahun dilaksanakan untuk menyambut atau yang biasa disebut wiwiti masa panen kopi merah di Gemawang.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menyampaikan “Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat Gemawang karena telah dikaruniai alam sangat subur yang menumbuhkan kopi terbaik di Indonesia,”

Menurutnya untuk menghasilkan kopi berkualitas baik, jangan lagi petik kopi hijau, tetapi benar-benar menunggu sampai kopi itu merah baru dipanen kemudian diproses sehingga kualitas kopi menjadi baik.

Kegiatan ini sendiri adalah untuk mengangkat potensi kopi yang ada di Gemawang. Di mana kopi robusta Gemawang memiliki rasa yang khas ketimbang kopi dari daerah lain. Hasil robusta dari tahun ke tahun disebut mengalami kenaikan yang signifikan.

“Jaga kemurnian kopi asli Gemawang dalam mengolah dan menjualnya, budaya petik merah yang sudah ada ini harus terus dilestarikan”, tandasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Agustin Peranginangin Direktur Utama Badan Otorita Borobudur menyampaikan bahwa kopi saat ini menjadi tren. Tren minum kopi sambil nongkrong bersama teman-teman dan rekan kerja dan juga menjadi suguhan tamu instansi.

“Kita semua tahu, kopi sekarang menjadi primadona. Kedai kopi atau bahasa kerennya coffee shop ada dimana-mana. Pariwisata harus pandai menangkap hal tersebut. Dengan tingginya minat orang terhadap kopi, kita bisa mengubah peminat kopi menjadi wisatawan dengan cara mengadakan festival seperti ini. Mengenalkan kopi, memanen kopi, dan juga ilmu lainnya tentang kopi,” kata Angin.

Selain itu terdapat UMKM juga ikut meramaikan festival tersebut. Produk-produknya pun hasil dari masing-masing desa yang ada di Kecamatan Gemawang seperti olahan kopi, makanan serta beberapa kerajinan rumah tangga.

Dalam rangkaian kegiatan wiwitan ini dibuka dengan arak-arakan tumpeng dan ingkung yang sudah dipersiapkan oleh masyarakat di Gemawang. Masyarakat sangat antusias menyambut festival ini dan mengikuti proses dengan memakai pakaian adat.

Sejumlah nasi tumpeng dan ingkung kemudian dimakan bersama-sama oleh masyarakat yang hadir pada syukuran tersebut.

By Published On: Rabu, 26 Juni 2024Views: 745

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!