Air terjun Sunggah, Keindahan Tersembunyi yang ada di Ponorogo

Kabupaten Ponorogo, tidak hanya terkenal akan budaya Reog-nya saja, namun ada banyak sekali objek wisata menarik, yang dapat Anda nikmati ketika mengunjungi kabupaten tersebut. Salah satunya yaitu air terjun Sunggah, keindahan alam yang disuguhkan pastinya sayang, jika dilewatkan begitu saja.  

Keindahan air terjun Sunggah

Memiliki ketinggian hampir sekitar 25 meter, air terjun yang ada di kawasan ini mengalir setiap tahun, termasuk musim kemarau sekalipun. Aliran airnya bersih dan jernih, serta dikelilingi kawasan hutan yang masih hijau dan asri.

Di bagian bawah, terdapat bebatuan berukuran besar, yang membuat pemandangan Air terjun Sunggah tampak semakin unik. Di sini para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang air terjun, atau bisa juga mengambil latar belakang bentangan sawah dan hutan yang ada di kawasan tersebut.  

Suara gemercik air yang jatuh dari ketinggian, ditambah dengan segarnya udara yang ada di sekitar air terjun, serta indahnya pepohonan yang terlihat menghijau, membuat siapa saja yang mengunjungi kawasan air terjun, betah berlama lama tinggal di kawasan tersebut.  

Sedangkan pada saat musim penghujan, para pengunjung dilarang bermain di bawah air terjun, atau juga sungai. Salah satu alasannya untuk mewaspadai air kiriman yang berasal dari kawasan hulu. Sebagai gantinya pihak pengelola menyediakan gubuk-gubuk kecil yang berada di sekitar lokasi, agar para wisatawan tetap dapat menikmati pemandangan air terjun. Dari jarak aman    

Jam operasional dan tiket masuk

Kawasan wisata air terjun Sunggah Ponorogo ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri, gratis. Namun para pengunjung akan dikenakan tarif biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Khususnya motor, Anda akan dikenakan tarif sekitar Rp 3.000 saja.

Lokasi air terjun Sunggah

Lokasi air terjun Sunggah sendiri berada di Desa Selur, Kec. Ngrayun, Kab. Ponorogo. Dari pusat kota Ponorogo, waktu yang ditempuh untuk sampai ke kawasan ini sekitar 60 menit. Kondisi jalan dari pusat kota Ponorogo terbilang sangat baik, namun ketika memasuki kawasan desa, jalannya sedikit berlubang. 

Untuk rute ke air terjun Sunggah sendiri tidak terlalu sulit, cukup masukkan nama air terjun Sunggah ke dalam peta online, maka Anda akan diarahkan menuju lokasi air terjun tanpa kesulitan. Sedangkan ketika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, maka cari kendaraan yang menuju desa Ngrayun, yang dilanjutkan ke desa Selur, dari sana perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki, menuju lokasi air terjun.   

Di sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan persawahan di sisi kanan dan kiri jalan. Dari lokasi parkir, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter. jangan khawatir bosan, di sepanjang perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan area persawahan terasering yang cantik.

Fasilitas di sekitar air terjun Sunggah

Untuk masalah fasilitas, Anda tidak perlu khawatir, seperti yang selintas dijelaskan di atas, di sekitar air terjun Sunggah Ngrayun, terdapat beberapa gubuk yang dibangun oleh pihak pengurus kawasan, agar para pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun secara leluasa.

Tidak hanya itu, di lokasi ini juga sudah terdapat beberapa warung yang menyajikan berbagai macam hidangan menarik, baik makanan atau juga minuman. Ada juga fasilitas lain, seperti toilet, mushola, dan yang lainnya.  

Sedikit tips tambahan untuk Anda yang ingin mengunjungi air terjun Sunggah, pastikan Anda mengunjungi kawasan tersebut pada saat hari sedang cerah. Jangan lupa pastikan kondisi baterai kamera, atau ponsel pintar Anda penuh, untuk dapat mengabadikan berbagai momen indah selama berada di lokasi air terjun. Terakhir siapkan kondisi fisik dan kendaraan dalam kondisi prima, agar kegiatan liburan Anda berjalan dengan lancar.   

By Published On: Jumat, 26 Juli 2024Views: 87

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!