Rahasia Keindahan Wisata Grojogan Dhuwur

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang unik. Salah satu kekayaannya adalah kemegahan air terjunnya. Pacitan menjadi salah satu tempat yang memberikan keindahan tersebut, karena memiliki Air Terjun Grojogan Dhuwur. Pasalnya, wisata alam di Pacitan sangatlah beragam, termasuk air terjun ini.

Perlu diingat bahwa kata ‘Grojogan’ sendiri memiliki arti air terjun, oleh karena itu air terjun ini biasa dikenal dengan nama Grojogan Dhuwur di kalangan penduduk setempat. Grojogan berada di Kecamatan Pringkuku, Desa Candi, Dusun Barong Kulon. Grojogan Dhuwur berada di desa yang sama dengan objek wisata Kali Barong.

Tentunya jika kamu ingin merasakan kemegahan air terjun, pastikan untuk memasukkan objek wisata alam ini ke dalam bucket list kamu. Karena air terjun ini menawarkan beberapa fakta menarik, simak informasinya di bawah ini.

Panoramanya Indah

Ketika kamu mengunjungi Grojogan Dhuwur, kamu tahu persis apa yang seharusnya diharapkan. Sungguh keindahan alam yang luar biasa. Bahkan, banyak orang yang menilai keindahan kawasan ini tidak mungkin bisa dilupakan.

Lingkungannya berupa pepohonan rimbun di antara gemuruh air terjun, serta hadirnya kolam-kolam raksasa dengan rona biru yang jernih alami menjadi obat penat mata, badan, dan jiwa. Rasanya ingin sekali melepas pakaian dan terjun ke air yang sangat menyejukkan ini karena semuanya sangat terasa natural. Air terjun yang tidak biasa ini juga menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Air Terjun dengan 3 Aliran Terpisah

Selain tampilannya yang memukau, air terjun ini juga memiliki keistimewaan lain yang patut kamu ketahui. Keunikannya ini jarang ditemukan di air terjun pada umumnya. Yaitu adanya tiga aliran air yang terpisah.

Bahkan saat musim kemarau, ketiga aliran air di lokasi wisata ini tidak pernah kering. Jadi, jika kamu ingin melepaskan diri dari panasnya cuaca di Pacitan, mengunjungi dan membenamkan tubuh di Grojogan Dhuwur adalah pilihan terbaik.

Lalu ada juga aliran air yang mengalir ke pemukiman dan tidak pernah kering. Penduduk setempat juga memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kolam panjang di bawah grojogan atau air terjun bisa menjadi ruang untuk menikmati kesegaran air.

Kawasan Alami yang Cocok untuk Piknik

Karena keindahan alamnya yang mempesona, tak heran jika banyak wisatawan yang gemar piknik. Meluangkan waktu dalam kegiatan ini di dekat air terjun merupakan kesempatan menarik buat kamu.

Menyantap dan menikmati kesegaran Grojogan Dhuwur menjadi aktivitas akhir pekan yang ideal, apalagi jika bisa dilakukan bersama sahabat. Namun kebersihan dan kelestarian kawasan pariwisata harus terus dijaga.

Karena banyaknya kegiatan saat piknik, banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Masalahnya bukan pada piknik itu sendiri, melainkan pada individu yang hadir. Bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan menunjukkan kepedulian kamu terhadap destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Membuang sampah pada tempatnya merupakan langkah kecil dalam menjaga kelestarian lingkungan. Jika tidak ada tempat sampah, dan kamu sangat ingin piknik, bawalah kantong sampah sendiri agar kamu bisa membuang sampah saat menemukannya.

Lompatan Menuju Kesegaran Air Terjun

Meski tidak terlalu tinggi, kamu bisa merasakan serunya bisa terjun dan merasakan segarnya air. Kamu pun juga bisa tampil anggun sambil melompat. Tentu saja, ini adalah hiburan yang menarik.

Tak hanya itu, menyentuh air pun terasa sangat berbeda dengan melompat ke dalam kolam. Kembali lagi karena airnya yang segar alami.

Alhasil, rasa kesegaran yang kamu alami pun akan berubah. Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini belum terlalu lengkap karena kondisinya masih relatif alami. Meskipun demikian, kamu akan memiliki waktu yang mengesankan.

By Published On: Kamis, 4 Juli 2024Views: 58

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!