Taman Sriwedari : Destinasi Wisata Legendaris dari Kota Solo

Mengunjungi kota Solo, rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi taman Sriwedari, ini adalah salah satu destinasi legendaris yang berasal dari kota Solo. Terutama bagi Anda yang suka dengan acara kebudayaan, atau sekedar ingin rehat bersama keluarga, maka ini akan jadi rekomendasi menarik yang perlu Anda kunjungi.

Sejarah taman Sriwedari

Dilihat dari sisi sejarah taman Sriwedari, ini adalah taman yang dibangun oleh Raja Kasunanan Surakarta, yaitu Pakubuwono X yang bernama Letnan Jenderal Sri Susuhunan Pakubuwono X, pada tahun 1887 silam. Pada awalnya taman ini dibangun untuk tempat peristirahatan dan juga rekreasi bagi keluarga kasunanan Surakarta.  

Dimana salah satunya terdapat kebun binatang milik keraton Surakarta. Namun kemudian beralih fungsi jadi Taman Hiburan Rakyat atau yang kerap disingkat jadi THR. Walaupun sempat berhenti tidak beroperasi, namun kini perlahan pulih dan kembali beroperasi, dengan menampilkan sejumlah atraksi baru yang pastinya mampu menarik minat para pengunjung.

Atraksi wisata

Mengunjungi Taman Sriwedari, para pengunjung dapat menikmati salah satu atau bahkan beberapa atraksi wisata seru yang ada di tempat tersebut. Adapun atraksi wisata yang dimaksud, antara lain :

  1. Memberi makan rusa

Awalnya rusa-rusa tersebut berada di Taman Balekambang, rusa-rusa tersebut,dipindahkan, lantaran taman Balekambang tengah mengalami renovasi. Rusa-rusa tersebut dibiarkan liar atau tanpa diberi kandang, membuat para pengunjung dapat berinteraksi secara leluasa.

  1. Berburu kuliner

Kini di salah satu sudut taman, terdapat sebuah tempat untuk berburu kuliner. Pastinya ada cukup banyak jenis kuliner yang dapat memanjakan lidah Anda. Disini Anda dapat mencoba menikmati Bakso, soto, bahkan hingga dimsum.

  1. Menonton pertunjukan Wayang Orang

Sudah sejak lama Taman Sriwedari ini, mempunyai sebuah gedung pertunjukan Wayang Orang. Menariknya hingga saat ini pertunjukan tersebut masih rutin digelar, tentunya ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri, bagi para pengunjung yang suka dengan seni budaya, terutama budaya wayang orang. Pertunjukan tersebut rutin digelar dari hari senin hingga hari sabtu, mulai pukul 20.00 WIB, hingga pukul 23.00 WIB.

  1. Swafoto

Ada banyak lokasi menarik yang dapat Anda gunakan untuk mengabadikan kegiatan atau momen menarik Anda ketika mengunjungi Taman Sriwedari tersebut, mulai dari danau, taman rusa, pohon beringin dan masih banyak  yang lainnya.

  1. Memancing

Satu lagi, destinasi menarik yang dapat Anda lakukan ketika mengunjungi taman Sriwedari sekarang, yaitu lokasi danau. Anda yang hobi memancing, dapat mencoba peruntungan untuk memancing ikan di danau tersebut. Lokasinya yang teduh, membuat kegiatan memancing jadi semakin nyaman dan seru.                     

Lokasi

Untuk lokasi taman Sriwedari ini berada di pusat kota Surakarta, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi no. 275, Sriwedari, Laweyan, kota Surakarta.

Jam operasional dan tiket masuk

Taman ini sendiri buka setiap hari, selama 24 jam penuh. Yang menarik tiket masuk taman Sriwedari ini tidak ada, alias gratis. Para pengunjung dapat mengunjungi kawasan ini kapan saja, dan jam berapa saja. Namun pada umumnya wisatawan mengunjungi kawasan tersebut pada sore hari, salah satu alasannya adalah untuk berinteraksi langsung dengan para rusa yang ada di kawasan tersebut. Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir, ketika membawa kendaraan pribadi.

Lain halnya jika tujuan Anda ke Taman Sriwedari ini untuk menonton pertunjukan Wayang Orang, maka Anda harus membayar tiket sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tiket masuk, untuk wisatawan lokal, sekitar Rp 20.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan mancanegara sekitar Rp 50.000 per orang. 

By Published On: Jumat, 21 Juni 2024Views: 270

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!