Museum Batik Danar Hadi di Surakarta Adalah Surga Pecinta Fashion Tradisional

Jangan remehkan tempat wisata Museum Batik Danar Hadi! Banyak orang sering hindari museum sebagai tempat wisata karena terkesan membosankan. Namun, datang ke museum batik di Surakarta ini akan berbeda, terutama bagi pecinta fashion tradisional. Mengapa demikian? Mari bahas selengkapnya di artikel berikut!

Informasi Umum Museum Batik Danar Hadi

Bagi Anda yang tidak tahu, museum batik ini adalah yang terbesar di Indonesia untuk koleksi bahan fashion. Baik sampel kain, potongan baju batik jadi dan juga display proses pembuatannya, diperlihatkan detail semua. Anda tidak akan temukan museum lain dengan topik fashion sebesar ini di Indonesia.

Museum Batik Danar Hadi ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Daerah Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Lokasi yang berada di pusat fashion Sriwedari memudahkan Anda mencapai tempat ini.

Bayangkan datang untuk belanja batik Solo dan berkunjung juga ke museum batik ini. Pasti terasa lebih mantap. Anda juga bisa belajar batik apa yang bagus di museum ini sebelum nanti belanja banyak batik di Sriwedari.

Jika ingin berkunjung, pastikan tahu jadwal buka dan harga masuknya juga. Anda hanya perlu siapkan sekitar Rp40.000 untuk masuk dan parkir. Jam buka tempat ini adalah antara 09.00 sampai 16.30 WIB. Sebagai saran hindari datang siang dan saat weekend karena pasti lebih ramai dan harus antri.

Daya Tarik Wisata di Museum Batik Danar Hadi

Sekarang waktunya bahas daya tarik museum ini yang menyebabkannya selalu ramai. Berikut adalah penjelasannya:

Memiliki Koleksi Batik Terbesar di Indonesia

Museum Batik Danar Hadi tercatat di Rekor MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbesar di Indonesia. Museum ini menjadi rumah lebih dari 10.000 kain batik khas Indonesia. Batik yang ada di sini bahkan ada yang sudah sangat tua dan punah cara membuat coraknya.

Selain kain batik yang menjadi koleksi, museum juga memiliki sampel jenis baju batik juga. Semua sampel menunjukan aplikasi batik dari dunia kerajaan sampai dengan pakaian modern. Anda pasti terinspirasi jika melihat contoh-contoh pakaiannya.

Mampu Beri Informasi Lengkap Seputar Batik Indonesia

Bagi Anda yang ingin belajar lebih soal batik, museum ini memberi informasi lengkap. Setiap display batik akan memiliki cerita dan informasi tersendiri. Anda bahkan dapat sewa guide yang mampu beri informasi dan cerita lebih seputar batik yang dipamerkan pada museum ini.

Memiliki Fasilitas Interaktif Untuk Mengenal Batik Lebih Dekat

Pada beberapa tempat di museum, Anda dapat berinteraksi dengan fasilitas interaktif. Anda bisa coba menyentuh alat pembuat batik cap, alat batik lukis dan bahkan menggambar desain batik sendiri di sini. Tentu saja Anda harus bayar ekstra untuk mencoba pakai fasilitas ini. Namun, untuk pengalaman unik, harganya masih pas di kantong.

Para Pecinta Batik Wajib Datang Berkunjung!

Dari penjelasan di atas, Anda sekarang lebih mengenal tempat wisata fashion tradisional ini. Bagi yang berkunjung ke Surakarta dan suka topik batik, tidak akan rugi coba datang ke museum ini. Anda bisa habiskan banyak waktu belajar dan melihat batik langka di sini.

Pengetahuan dan pengalaman mengenal batik di Museum Batik Danar Hadi, dapat menjadi bekal menarik nantinya. Sudah terbukti banyak orang menjadi lebih ahli memilih kain batik dan berbicara seputar fashion batik setelah datang ke tempat wisata ini. Jadi tunggu apa lagi? Para pecinta fashion batik wajib datang sekarang juga!

By Published On: Selasa, 18 Juni 2024Views: 287

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!