Pikatan Water Park, Sensasi Wisata Air Bak Masyarakat Mataram Kuno

Temanggung merupakan kawasan wisata yang terletak di dataran tinggi sehingga menyuguhkan panorama alam yang asri dan hawa sejuk. Cantiknya kabupaten ini cukup memikat perhatian wisatawan lokal dan luar kota untuk berkunjung, salah satunya mencoba wisata air di Pikatan Water Park. Apa sih hal menarik dari tempat wisata tersebut? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini!

Ada Kaitannya dengan Sejarah

Tempat wisata air fenomenal ini memiliki kisah unik di balik pembangunannya. Pertama, nama lokasi mengambil sumber dari raja Mataram Kuno, Rakai Pikatan. Sebelum kolam renang yang dibuka pada tahun 2009, jauh di masa kerajaan Mataram Kuno tempat ini dipergunakan oleh keluarga kerajaan hingga masyarakat sekitarnya sebagai sumber air harian dan mandi.

Dahulu kolam ini hanya digunakan sebagai tempat atlet latihan renang, kemudian pemerintah daerah menyulapnya dengan menambahkan fasilitas, wahana kolam yang seru sampai menjadi salah satu objek wisata daerah terbaik.

Fasilitas Wisata di Pikatan Water Park

Lalu, ada apa saja sih fasilitas wisata di kolam renang Temanggung ini? Berikut beberapa di antaranya :

1. Pilihan kolam renang asyik

Tentu saja objek rekreasi ini menawarkan beberapa pilihan kolam seru yang bisa digunakan oleh pengunjung anak-anak hingga orang dewasa. Setiap kolam memiliki kedalaman dan panjang lintasan variatif sehingga wisatawan bisa mengeksplorasi satu per satu kolam ditemani pemandangan gunung Sindoro dan Sumbing sebagai latar belakangnya.

2. Perosotan menantang

Water slide atau perosotan tak dapat dipisahkan dari kolam renang. Di sini, Anda bisa menaiki sekitar 10 perosotan aneka bentuk dan ketinggian yang menantang. Selain perosotan, di kolam anak-anak pun tersedia wahana ember tumpah yang menambah keseruan momen berlibur anak.

3. Outbound

Jika Anda enggan berbasah-basahan ria, tak usah khawatir sebab lokasi ini juga menyediakan wisata darat yakni outbound. Pengunjung dapat mencoba beberapa wahana seperti flying fox, naik ATV, dan car game.

4. Food court

Lapar setelah puas bermain air? Nikmati berbagai pilihan makanan lezat yang menggugah selera di area food court dengan harga terjangkau, area makan bersih, serta luas. Area food court ini pun melayani untuk kebutuhan acara outing, arisan, ulang tahun, catering, nasi kotak, dan masih banyak lagi.

5. Kamar mandi dan toilet

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas kamar mandi untuk bilas, serta toilet bersih yang dapat pengunjung gunakan.

6. Mushola

Bagi umat muslim tak perlu khawatir melewatkan waktu beribadah sebab kolam air Pikatan juga memiliki fasilitas mushola nyaman dan rapi untuk beribadah.

7. Selfie spot

Ingin abadikan momen lebih banyak? Kolam renang Pikatan juga hadir dengan beberapa spot berfoto estetik seperti kolam teratai, jembatan merah, saung, dan lainnya.

8. Papan seluncur dan ban renang

Jangan sampai senyum buah hati sirna karena tak bisa berenang. Di sini Anda dapat meminjam ban dan papan seluncur sebagai alat bantu renang, sehingga si Kecil tetap bisa menikmati setiap kolam tanpa takut tenggelam.

9. Pusat informasi

Demi kenyamanan pengunjung, Pikatan dilengkapi pula pusat informasi apabila Anda ingin bertanya maupun melaporkan sesuatu kepada pihak pengelola wisata.

Kesimpulan

Kolam renang legendaris yang sudah ada sejak era Mataram Kuno ini termasuk objek wisata bersejarah yang wajib wisatawan masukan ke dalam daftar liburan ketika datang ke Temanggung. Dengan sederet fasilitas wisata seru yang ditawarkan, apa Anda kini berencana mengunjungi Pikatan Water Park?

By Published On: Senin, 6 Mei 2024Views: 69

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!