5 Aktivitas Wisata di Hutan Pinus Sigrowong

Indonesia tak ada habisnya menyuguhkan berbagai tempat wisata alam yang memanjakan mata sekaligus membuat kita tidak henti-hentinya berdecak kagum. Kabupaten Temanggung adalah satu dari sekian banyak wilayah yang kondisi alamnya masih terjaga keasriannya, dan Hutan Pinus Sigrowong menjadi spot wisata pilihan masyarakat.

Potensi Wisata di Hutan Pinus

Deretan pohon pinus yang melintang di sepanjang area wisata ini menjadi ciri khas sekaligus daya tarik wisatawan yang gemar berelaksasi di alam. Objek wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 silam ini merupakan milik Perhutani yang beralamatkan di Resort Pemangkuan Hutan Tlogopucang, Desa Gesing.

Selain hutan pinus sebagai daya tariknya, kawasan ini juga populer dengan keberadaan taman gua yang berada di tengah-tengah hutan. Gua kecil sedalam 7 meter dan berdiameter 80 cm ini konon pernah dijadikan lokasi persembunyian Tentara Pelajar ketika agresi militer Belanda sekitar tahun 1949-1950.

Di samping menikmati indahnya hutan pinus yang masih terjaga baik ini, Anda juga dapat sekalian belajar sejarah mengenai kegunaan gua di era penjajahan Belanda.

Pilihan Aktivitas Wisata

Objek rekreasi yang dikenal dengan alam asrinya ini juga menawarkan berbagai aktivitas berwisata seru ramah keluarga yang bisa Anda lakukan, seperti berikut :

1.Offroad

Tersedia offroad track yang biasa dimanfaatkan para atlet offroad berlaga maupun unjuk gigi kemampuan mereka menaklukkan tikungan tajam, medan terjal yang menantang. Aksi para atlet ini pun menjadi daya tarik wisatawan juga yang ingin melihat bagaimana serunya offroad.

2. Camp area

Bermalam di kawasan alam punya keseruan tersendiri. Hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan bermalam di camp area yang telah disediakan pengelola tempat wisata. Wisatawan yang ingin menikmati hening dan mendengar suara serangga di malam hari bisa mencoba camping di area yang telah disediakan.

3. Selfie spot

Berkunjung ke hutan pinus jangan lupa abadikan momen di beberapa spot berfoto ria yang tersedia, mulai dari jembatan, hiasan love, payung menggantung hingga di sepanjang jalan area hutan dengan pemandangan pohon pinus.

4. Gathering

Selain liburan bersama keluarga kecil anda, lokasi ini juga sempurna untuk dijadikan sebagai tempat gathering kantor, keluarga besar, sekolah, dan acara besar lain yang dapat dipilih.

5. Napak tilas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kawasan hutan pinus ini diyakini pernah jadi lokasi persembunyian para pejuang kemerdekaan tepatnya di Taman Gua. Napak tilas ke saksi bisu perjuangan para pahlawan ini pun bisa jadi ide wisata edukatif yang tak kalah menarik.

Hal Penting Saat Liburan ke Hutan Pinus Sigrowong

Berencana memilih hutan pinus sebagai tempat wisata alam? Perhatikan beberapa hal penting seperti berikut :

  • Bawa kantong sampah

Ketika rekreasi alam, hal terpenting yang wisatawan harus lakukan adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan. Jangan sampai mengotori kawasan wisata, dan sangat dianjurkan untuk membawa sendiri kantong sampah jaga-jaga kalau tong sampah yang tersedia penuh karena banyaknya pengunjung.

  • Kenakan pakaian nyaman

Berada di kawasan dataran tinggi tentu punya hawa cukup dingin dan bisa jadi banyak nyamuk, maka dari itu kenakanlah pakaian nyaman dan tertutup agar terhindar dari gigitan nyamuk serta tetap hangat.

  • Sediakan perbekalan

Orang Indonesia kental akan budaya makan bersama, tak ada salahnya pula membawa perbekalan makanan sendiri namun tetap jaga kebersihan

  • Siapkan uang tunai

Memasuki kawasan Hutan Pinus Sigrowong bakal dikenakan tarif Rp5.000 per orang, jadi jangan lupa siapkan uang tunai.

By Published On: Jumat, 10 Mei 2024Views: 89

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!