Kebun Teh Tambi, Destinasi Peninggalan Awet Belanda

Sebentar lagi Anda akan mendapati cuti liburan yang lumayan banyak lho ya, apakah ingin berdiam diri di rumah saja atau berbelok ke wisata ala, kebun teh Tambi Wonosobo?

Salah satu destinasi terkenal dengan suhunya sangat dingin dan segarnya udara hanya bisa Anda dapatkan di Wonosobo, Jawa Tengah.

Deskripsi Kebun teh Tambi

Tahukah Anda bahwa kebun teh Tambi Wonosobo adalah salah satu tempat bersejarah dari jaman Belanda hingga saat ini masih bertahan dengan nuansa alaminya. Jaman Belanda masih menjajah Jawa Tengah, kebun teh Tambi dijadikan pusat perdagangan rempah dan sumber utama penghasil ekonomi area sekitar. Maka dari itu, kebun teh ini tidak boleh mengalami banyak pemugaran, hanya boleh dilakukan perawatan prasarana saja.

Kebun teh Tambi berlokasi di desa Tambi, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Wonosobo adalah daerah yang perbatasannya dekat dengan Temanggung, Banjarnegara dan Kendal. Gunung yang gagah berdiri melintasi kebun tehnya yakni gunung Sindoro dan Sumbing. Jadi, jangan heran jika suhu malam hari sangat dingin bahkan jika sedang terkena fenomena es, Anda akan mendapati kristal es melekat pada tumbuhan dan rumah warga.

Kebun teh Tambi memiliki luas sekitar 830 hektar dan berada di 800 – 2000 dpal. Tumbuhan tehnya rutin dipetik setiap panen tiba dengan para karyawan wanita yang menggendong bakul di belakangnya.

Fakta Menarik Kebun Teh Tambi Wonosobo

  1. Tanaman teh di desa Tambi tidak pernah mengalami kekeringan parah sehingga mengakibatkan semua area perkebunannya kekurangan suplai daun teh.
  2. Anda bisa menikmati langsung teh tubruk asli setelah memetik dari tangkainya. Kemudian direbus atau dituangkan air panas mendidih. Akan lebih nikmat jika diberikan bunga melati sebagai penguat rasa harumnya.
  3. Anda akan diajarkan memetik daun teh yang siap naik produksi pabrik untuk dipasarkan. Sehingga Anda tidak menduga-duga kesterilan proses pembuatan tehnya.
  4. Usia kebun tehnya mencapai 158 tahun, hampir 2 abad dan tidak pernah layu.
  5. Aroma tehnya sama dari tahun ke tahun, padahal area Wonosobo telah mengalami banyak perubahan bangunan dan muncul pabrik.

Tiket Masuk Dan Rute Tercepat

Untuk masuk ke area kebun teh Tambi, Anda tidak akan dibandrol dengan sejumlah uang alias gratis. Namun, jika Anda memesan paket perjalanan wisata selain satu destinasi maka akan diberlakukan paket perjalanan wisata Wonosobo. Jam masuknya mulai pagi hingga 16.00 karena lewat jam tersebut penampakan area kabut turun dan gelap ya!

Rute menuju kebun teh Tambi bisa diambil dari jalur selatan Yogyakarta menuju utara arah Magelang, kemudian belok ke Temanggung. Jika dari arah barat bisa dari Purbalingga lalu Banjarnegara kemudian menuju Weleri, Wonosobo. Langsung ambil kecamatan Kejajar.

Anda bisa memakai mobil atau angkutan umum menuju ke sana karena cukup mudah jangkauannya. Kebuh teh siang hari tetap terasa sejuk kendati daerah lainnya sedang panas tinggi. Sangat cocok untuk Anda yang ingin “ngadem” dari panasnya kota besar akhir pekan ya!.

Anda juga bisa menyewa jasa aksi outbond di kebuh teh Tambi meskipun masih sangat terbatas ya, jangan merusak lokasi kebun teh dengan sampah yang Anda bawa karena denda bisa Anda peroleh saat akan keluar lho!

Harga makanan di wisata kebun teh Tambi sangat terjangkau dan porsinya begitu mengenyangkan, tunggu apalagi segera cek out wisata murah dan mengesankan di kebuh teh Tambi Wonosobo!

By Published On: Kamis, 2 Mei 2024Views: 138

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!