Jarang Orang Tau! Ternyata Inilah Keunikan Dari Taman Badaan Magelang

Taman Badaan merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi dan sangat menarik minat masyarakat. Lokasi taman ini ada di pusat Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain sekadar menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi warga, taman ini juga dirancang dengan kearifan khusus untuk menjadi ramah anak dan berkelanjutan.

Dengan strategi lokasi yang tepat di jantung kota, Taman Badaan bukan hanya menjadi tempat untuk berjalan-jalan santai, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan Kota Magelang yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Jika Anda salah satu orang yang ingin berkunjung ke Taman Badaan, tentu tidak afdol jika tidak membaca artikel ini. Dimana akan dijelaskan mengenai keunikan yang tersimpan di dalamnya. Apa saja? simak penjelasan berikut ini:

  1. Fasilitas Taman Yang Beragam Dan Aman

Taman Badaan menyediakan berbagai fasilitas yang cocok untuk berbagai jenis kegiatan, seperti becak mini, kereta mini, komedi putar mini, dan odong-odong, menciptakan lingkungan yang sangat menarik bagi pengunjung dari segala usia, terutama anak-anak dan keluarga.

Ketersediaan fasilitas-fasilitas ini tidak hanya menawarkan hiburan yang beragam, tetapi juga memperkaya pengalaman kunjungan ke taman ini, menjadikannya destinasi populer yang menyenangkan bagi seluruh keluarga untuk menghabiskan waktu bersama dalam suasana yang penuh keceriaan.

  1. Menyimpan Sejarah Penting Di Masa Kolonial

Taman Badaan memiliki latar belakang sejarah yang berusia puluhan tahun, yang dimulai sejak masa penjajahan Hindia Belanda pada sekitar tahun 1920-an. Keberadaan taman ini bukan hanya sebagai sebuah area rekreasi modern, tetapi juga sebagai warisan berharga dari era kolonialisme yang memiliki nilai budaya yang signifikan.

Meskipun awalnya mungkin dipengaruhi oleh aspek-aspek kolonialisme, Taman Badaan kini telah bertransformasi menjadi simbol harmonisasi antara masa lalu dan masa kini, menceritakan kisah yang mengagumkan tentang adaptasi budaya yang berkelanjutan dan positif.

  1. Budaya Yang Berpadu Menjadi Satu

Selain memiliki peran sebagai peninggalan bersejarah dari masa kolonialisme yang bernilai budaya, Taman Badaan juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas udara dan lingkungan sekitarnya.

Dengan pohon-pohon yang rindang dan udara yang segar, taman ini menciptakan suasana yang menenangkan dan menyegarkan bagi para pengunjungnya. Oleh karena itu, Taman Badaan bukan hanya menjadi tempat ideal untuk beristirahat dan bersantai, tetapi juga berfungsi sebagai oase hijau yang menyediakan perlindungan lingkungan yang berharga dalam kawasan perkotaan.

  1. Kelestarian Lingkungan Yang Masih Terjaga

Taman Badaan menjelma menjadi sebuah destinasi yang menawarkan pengalaman unik dalam mendukung kelestarian lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi antara elemen alam dan ruang terbuka hijau, taman ini tidak hanya menjadi lahan rekreasi biasa, tetapi juga menjadi contoh nyata dalam upaya pengembangan taman yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Kontribusi positifnya terhadap kualitas udara dan ekologi sekitar menjadi salah satu poin penting yang membuat Taman Badaan menjadi tujuan yang sangat diinginkan bagi mereka yang mencari tempat untuk beristirahat dan bersantai, sambil tetap peduli terhadap lingkungan sekitar.

  1. Letak Taman Badaan Sangat Strategis

Taman Badaan Magelang mempunyai beberapa ciri khas yang menjadikannya berbeda dari tempat-tempat lain. Satu di antaranya ialah posisinya yang sangat strategis di tengah kota Magelang, sehingga menjadi lambang utama kota tersebut.

Selain itu, taman ini juga dikenal dengan adanya patung-patung hewan yang megah, terletak di tiap sudutnya. Mulai dari patung badak, gajah, jerapah, kuda nil, unta, hingga macan, semuanya memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Tidak hanya itu, keistimewaan lainnya dari Taman Badaan Magelang adalah adanya kompleks pemakaman di dalamnya. Pemakaman ini tidak hanya memuat makam para sultan, tetapi juga para pangeran dan istri mereka, seperti Putri Campa dan Syekh Maulana Maghribi.

By Published On: Selasa, 23 April 2024Views: 47

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!