Pantai Ketawang Purworejo, Pantai Cantik Lengkap Dengan Pasir Hitam dan Mercusuar

Bagi Anda penggemar wisata pantai, belum lengkap rasanya jika mengunjungi kota Purworejo tanpa pergi ke Pantai Ketawang. Bisa dikatakan, Pantai Ketawang merupakan salah satu ikon dari kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini.

Yang khas dari Pantai Ketawang adalah keberadaan sebuah mercusuar cantik di pinggirannya. Menariknya di sekitar mercusuar tersebut masih ada area perawatan yang menambah indahnya pemandangan. Ya, meskipun banyak sekali pantai dengan pemandangan menakjubkan di tanah air, jarang rasanya kita temui pantai yang bersebelahan dengan salah menghijau.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Ketawang, Anda bisa terlebih dahulu menyimak ulasannya berikut ini. Apa saja yang bisa dilakukan di Pantai tersebut?

Menikmati Keindahan Pantai dan Lautnya

Tujuan utama seseorang ketika mengunjungi sebuah pantai tentunya adalah untuk menikmati keindahan alamnya. Begitu pula jika Anda mengunjungi Pantai Ketawang. Pantai Ketawang adalah jenis pantai berpasir hitam. Yang menarik, permukaan pasir di sini sangat lembut sehingga cocok bagi Anda yang ingin bersantai. Warna hitam di sini sangat kontra dengan keindahan barunya laut serta areal persawahan tidak jauh dari bibir pantai.

Waktu-waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Ketawang adalah di pagi dan sore hari. Pagi hari cuacanya belum terlalu panas sehingga cocok untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai. Sementara itu, jika Anda bertandang di pantai ini pada sore hari, Anda bisa sekalian menunggu hingga menjelang Maghrib untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Menyewa ATV dan Naik Kuda

Bosan hanya berjalan-jalan saja? Miliki pengalaman yang lebih seru saat di Pantai Ketawang dengan menyewa ATV. ATV adalah suatu kendaraan sejenisnya sepeda motor namun memiliki roda sebanyak 4 buah. Kendaraan ini memang diperuntukkan untuk medan offroad sehingga sangat cocok untuk mengeksplorasi keindahan pantai dengan lebih cepat dan nyaman. Untuk biaya sewanya sekitar Rp. 30.000.

Selain mengendarai ATV, Anda juga bisa menyewa kuda. Ya, kuda-kuda ini memang sengaja disewakan untuk memanjakan pengunjung yang ingin berjalan-jalan menyusuri pantai. Jangan khawatir, saat naik kuda, Anda akan ditemani pelatihan kuda profesional untuk menghindari adanya kecelakaan. Sayangnya, persediaan kuda di Pantai Ketawang seringkali terbatas. Jadi, Anda harus antre ya.

Masuk ke Mercusuar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ikon dari Pantai Ketawang ini adalah mercusuarnya yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Jadi, rasanya sayang jika sudah sampai ke pantai ini tapi tidak sempat untuk mengunjungi mercusuar. Jadi, luangkanlah waktu Anda. Tiket masuknya sendiri cukup murah yaitu hanya Rp. 5000 saja.

Jika Anda naik ke atas, Anda akan melihat pemandangan pantai yang menakjubkan dari ketinggian. Namun, jika Anda takut ketinggian, sebaiknya jangan naik terlalu tinggi ya.

Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Pantai Ketawang ini beralamat di Segoro Wetan, Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 6 sore hari. Ada banyak rute yang bisa Anda lalu untuk menuju ke lokasi. Apabila Anda berangkat dari pusat kota Purworejo, Anda bisa menuju arah Stasiun Kutoarjo, below ke selatan hingga ke perempatan lampu merah. Lalu, lurus terus hingga ke pantai.

Tiket masuk ke pantai ini sebanyak 0 rupiah alias gratis. Namun jika Anda ingin mengunjungi mercusuar, Anda harus membayar sebesar Rp. 5000. Fasilitas-fasilitas lain yang bisa Anda nikmati antara lain Mushola, toilet, area parkir yang luas, saung, spot-spot foto, warung-warung makan, dan masih banyak lagi.

By Published On: Senin, 4 Maret 2024Views: 33

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!