Candi Plaosan, Destinasi Wisata Budaya di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Candi Plaosan merupakan sebuah objek wisata berupa situs budaya yang berwujud candi. Destinasi wisata tersebut hingga sekarang masih eksis dan banyak pengunjungnya. Bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal dan domestik saja, tetapi juga turis asing.

Mereka ingin melihat sendiri keunikan dan keindahan bentuk bangunan candinya beserta pahatan-pahatan pada dinding batunya. Terutama turis mancanegara dari negara lain pasti sangat tertarik untuk melihatnya langsung. Bahkan, mereka juga ingin mengetahui serta mempelajari sejarah dibalik pembangunan candi tersebut.

Mengenal Candi Plaosan Lebih Dekat

Kabupaten Klaten tidak hanya memiliki Candi Prambanan yang pastinya sudah terkenal hingga mancanegara. Ada situs candi lainnya yang tidak kalah indah, keren, serta direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Anda mungkin salah satu yang belum pernah mengunjunginya, sehingga sangat disarankan untuk mengetahui informasinya terlebih dulu lebih dekat.

Candi Plaosan berlokasi di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Diketahui bahwa candi ini didirikan pada masa Raja Rakai Panangkaran. Seorang raja yang juga mendirikan Candi Borobudur dan Candi Sewu.

Kedua candi tersebut juga masih berlokasi di Provinsi Jawa Tengah dan berlatar belakang agama Buddha. Oleh karenanya, Plaosan juga bercirikan Buddha berbeda dengan Prambanan yang bercirikan Hindu.

Namun menurut sejarah, Candi Plaosan didirikan sebagai bentuk persembahan cinta Raja Pikatan kepada wanita pujaannya bernama Wardhani. Diketahui bahwa Wardhani mempunyai dua unsur dua agama berbeda, yaitu Hindu dan Buddha. Jadi, Plaosan menjadi lambang keharmonisan antara dua agama yang berbeda tersebut.

Dengan kata lain, sudah ada bentuk dan nilai-nilai toleransi antara agama yang diterapkan pada masa kerajaan. Dan hingga sekarang, masyarakat Indonesia masih berpegang teguh dengan nilai-nilai tersebut demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Berwisata ke Candi Plaosan yang Sangat Menarik

Anda bisa menuju lokasi candi melalui jalan raya Joga – Solo yang pastinya akan melewati Candi Prambanan. Sesampainya di wilayah Kabupaten Klaten, Anda bisa melanjutkan ke Kecamatan Prambanan yang jaraknya tidak begitu jauh.

Jika masih bingung, silakan bertanya kepada masyarakat setempat atau langsung saja mengaplikasikan Google Map. Terutama Anda yang menuju lokasinya memakai kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil memang sangat membutuhkan informasi peta digital tersebut. Lebih praktis dan nyaman saat ingin menemukan sebuah lokasi tertentu.

Candi Plaosan memang belum sepopuler Candi Prambanan atau Candi Borobudur. Namun demikian, tidak sedikit wisatawan memilih tempatnya karena bentuk atau wujud bangunannya begitu unik dan keren. Oleh karenanya, tidak heran jika banyak orang sengaja mengunjunginya untuk mengambil gambar dalam momen atau even tertentu.

Misalnya, pengambilan foto prewedding yang biasanya dilakukan oleh sepasang calon suami istri dengan latar bangunan candinya. Ternyata, tidak sedikit pasangan yang mempercayai mitos perihal kelanggengan atau tahan lama dalam menjalin hubungan percintaannya.

Hal tersebut tidak terlepas dari sejarah pendirian candinya yang memang sebagai bentuk cinta kasih seorang raja kepada wanita pujaannya. Anda sekalian yang liburan di sekitar Klaten dan Yogyakarta jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Plaosan.

Pihak pengelola wisata bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk para wisatawan yang berkunjung. Tujuannya adalah memberikan pelayanan terbaik untuk pengunjung agar lebih betah.

Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Klaten yang dijamin menggugah selera saat Anda berwisata ke Candi Plaosan. Jadi, jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk segera mengunjunginya bersama keluarga tercinta dan orang terdekat.

By Published On: Kamis, 4 April 2024Views: 58

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!