Curug Lumbung Bener, Tebing Indah dan Air Terjun Mini di Pinggiran Purworejo

Kabupaten Purworejo merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun namanya mungkin tidak seterkenal kota-kota lain di sekitarnya seperti Yogyakarta, Semarang, atau Surakarta, namun ternyata ada banyak hidden gem pariwisata di kota ini. Salah satunya adalah sebuah sungai indah yang bernama Curug Lumbung Bener. Lalu, apa istimewanya sungai ini jika dibandingkan dengan sungai-sungai lainnya? Nah, berikut ini penelusurannya.

Sungai Dengan Tebing Indah di Sekitarnya

Salah satu keistimewaan Curug Lumbung Bener adalah adanya tebing-tebing cantik di sisi-sisi sungai tersebut. Tebing tersebut berkelok-kelok mengikuti aliran sungai dengan pola-pola indah membentuk garis-garis. Tebing tersebut konon terbentuk dari bebatuan besar yang tergerus aliran sungai selama ratusan tahun. Fenomena alam ini sebenarnya cukup umum di daerah aliran sungai. Namun, tidak semua tempat serupa mampu membentuk tebing indah seperti yang dimiliki Curug Lumbung Bener.

Walaupun tebing tersebut sangat menakjubkan, Anda tetap perlu berhati-hati. Ya, karena tebing tersebut cukup tinggi hingga sekitar 100 meter. Jika Anda berada di bagian atas tebing, patuhilah berbagai peraturan yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Air Sungai Yang Jernih

Keindahan Curug Lumbung Bener tidak berhenti sampai di situ. Sungai yang mengalir di bawah tebing tersebut menambah kecantikan pemandangan alam di tempat ini. Sungai tersebut masih sangat jernih dan bersih sehingga dari kejauhan, warnanya benar-benar biru. Ditambah lagi, ada banyaknya pepohonan dan rumput-rumput hijau di sekitar tebing. Tentunya, perpaduan warna yang memanjakan mata ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Carilah spot-spot yang tepat dan Anda bisa berfoto-foto ria untuk menambah feed Instagram Anda.

Kedalaman air sungai sendiri cukup bervariasi, ada yang dangkal ada pula yang dalam. Apabila Anda ingin masuk ke dalam air, tanyakan terlebih dahulu pada petugas pemandu wisata Anda atau pihak pengelola, Daerah mana sajakah yang cukup aman. Pada waktu-waktu tertentu, Anda mungkin tidak diinginkan untuk masuk ke dalam air sama sekali karena berbahaya. Jadi, jangan nekat ya.

Air Terjun Mini

Curug sendiri sebenarnya bermakna air terjun. Jadi, nama curug lumbung bener disini mengacu pada air terjun yang mengalir menuju sungai. Nah, di tempat wisata yang satu ini benar-benar ada air terjun namun ukurannya memang cukup kecil. Hal ini apabila air terjun tersebut dibandingkan dengan sungai yang agak panjang serta tebing-tebing tinggi di sekitarnya.

Tetapi walaupun air terjun di Curug Lumbung Bener ini kecil, tidak mengurangi keindahannya sama sekali. Bahkan, daerah di sekeliling air terjun merupakan tempat-tempat yang paling banyak diminati untuk berfoto. Jika Anda sudah sampai di tempat ini, jangan lupa untuk meluangkan waktu di daerah sekitar air terjun untuk mengambil beberapa gambar.

Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Nah, apakah Anda berminat untuk menghabiskan liburan Anda salah satunya di Curug Lumbung Bener? Jika iya, cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari sekarang. Lokasinya adalah di Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dari pusat kota Purworejo, jaraknya sekitar 14 km saja. Jangan khawatir, apabila Anda sudah sampai di kecamatan Bener, Anda bisa menanyakannya pada masyarakat sekitar. Kebanyakan, mereka sudah mengetahui letak tempat wisata yang satu ini.

Lalu, berapakah tiket masuknya? Sementara ini, masuk ke lokasi wisata Curug Lumbung Bener tidak dikenal biaya sama sekali alias gratis. Ya, para pengunjung hanya cukup membayar parkir saja. Jangan lupa, jika sudah di sana, patuhi peraturan yang ada dan jagalah kebersihan.

 

By Published On: Selasa, 27 Februari 2024Views: 43

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!