Pesona Bukit Mongkrang, yang Sangat Memanjakan Mata

Pernahkah Anda mendengar tentang Bukit Mongkrang ? Objek wisata yang satu ini memang bukan objek wisata baru, namun jalur pendakiannya sendiri baru dibuka pada tahun 2019 silam. Walaupun terbilang baru, namun kawasan wisata yang satu ini cukup diminati oleh para pengunjung. Sebenarnya seberapa menarik kawasan tersebut, serta fasilitas apa saja yang dapat Anda nikmati di kawasan tersebut, berikut ulasannya untuk Anda !

Pesona Bukit Mongkrang

Adapun Bukit Mongkrang sendiri adalah salah satu tempat wisata yang ada di kawasan Karanganyar, Jawa Tengah. Berada di ketinggian sekitar 2.194 mdpl, kawasan ini mempunyai keindahan alam yang cukup memukau mata. Ditambah dengan hawanya yang sejuk, membuat siapa saja betah berlama lama di kawasan tersebut.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan berbagai macam spot foto menarik, salah satunya adalah hamparan padang ilalang yang semakin terlihat cantik ketika tertiup angin. Ini juga yang menjadikan trek pendakian di bukit Mongkrang sempat viral di salah satu platform sosial media belakangan ini. Spot foto lain yang tidak kalah unik yaitu, jalan setapak yang tampak berliku, dengan latar belakang bukit dan juga pegunungan, membuat hasil jepretan tampil semakin cantik.

Di sekitaran kawasan bukit Mongkrang, juga terdapat Gunung Lawu, yang menjulang tinggi sekitar 3.265 mdpl. Dari tempat ini, Anda dapat melihat kepulan asap belerang yang keluar dari kawah Candradimuka secara jelas. Selain Lawu, ada juga beberapa gunun lain yang juga dapat Anda nikmati, seperti gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Prau, dan juga Gunung Ungaran. Pastinya berbagai gunung tersebut hanya dapat dinikmati ketika langit sedang cerah.

Fasilitas yang ada di bukit Mongkrang

Untuk fasilitas yang ada di kawasan bukit Mongkrang hingga puncak bukit Mongkrang, sendiri terbilang cukup standar. Di sepanjang jalur pendakian, Anda akan menemukan beberapa warung atau juga kedai makanan. Sedangkan di bawah jalur pendakian, terdapat toko yang menyediakan peralatan pendakian, seperti tracking pole, senter, headlamp, tenda, dan aneka peralatan mendaki lainnya. Jadi bagi Anda ingin mendaki, namun tidak membawa peralatan, tidak perlu khawatir. Semua hal yang Anda butuhkan untuk mendaki, semua tersedia di tempat ini.  

Lokasi dan rute menuju bukit Mongkrang

Lokasi bukit Mongkrang sendiri ada di Tlogo Dringo Karanganyar, desa Gondosuli, Kec Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk mengunjungi kawasan tersebut, dari kawasan Karanganyar atau juga desa Matesih, Anda hanya perlu melalui jalan utama, selanjutnya menuju arah Magetan, ke jalan Matesih Tawangmangu, hingga akhirnya sampai ke Pasar Tawangmangu. Dari arah Pasar Tawangmangu, terus lurus hingga akhirnya sampai ke Pos Cemara Kandang.   

Untuk sampai ke puncak, dari pos awal pendakian, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 60 menit saja.

Tiket masuk dan jam operasional

Lalu berapa harga tiket masuk ke Mongkrang Tawangmangu tersebut ! Yang pasti tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 10.000 saja per orang. Adapun harga tiket wisata bukit Mongkrang tersebut, berlaku ketika Anda ingin mendaki. Sedangkan ketika Anda ingin berkemah, maka biaya yang harus dibayar sekitar Rp 15,000 per orang.

Untuk parkir, tariff yang harus Anda bayar, hanya sekitar Rp 10,000 saja, baik itu mobil atau motor. Bukit Mongkrang sendiri buka setiap hari selama 24 jam, artinya Anda dapat mendaki bukit tersebut kapan saja.

Jadi bagaimana ! Tertarik untuk mengunjungi Bukit Mongkrang. Anda dapat mengunjungi kawasan tersebut sendiri, bersama keluarga, teman atau mungkin bersama pasangan. Menikmati indahnya pemandangan di puncak bukit, pastinya akan menjadi obat mujarab, dari banyaknya aktifitas yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

By Published On: Kamis, 22 Februari 2024Views: 49

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!