Rumah Atsiri Indonesia : Daya tarik, Jam Buka dan Harga Tiket

Ingin mencari objek wisata sekaligus yang memberikan edukasi menarik untuk Anda sekeluarga, mungkin Anda bisa mengunjungi Rumah Atsiri Indonesia, yang berlokasi di kawasan Karanganyar, Jawa Tengah. Ini merupakan objek wisata minat khusus, yang membahas tentang minyak atsiri, sekaligus merupakan warisan produk industri yang ada di Indonesia.  

Daya tarik

Seperti yang dibahas selintas di atas, Rumah Atsiri Indonesia sendiri adalah sebuah kawasan edu kreasi yang berkaitan dengan aromatic wellness dan juga minyak atsiri. Ini adalah sebuah kawasan yang mengembangkan kekayaan aroma yang ada di Indonesia, melalui aneka macam produk turunan dari minyak atsiri.

Terdapat kurang lebih sekitar 80 jenis tanaman minyak atsiri yang ada di kawasan wisata tersebut, baik yang berasal dari Indonesia, atau juga yang berasal dari luar negeri. Aneka tanaman tersebut, akan ditata sedemikian rupa, agar terlihat rapi, juga membuat tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Satu hal yang paling penting, selama berada di kawasan tersebut, para pengunjung diharapkan untuk tidak memetik tanaman yang ada, karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut.  

Objek wisata rumah atsiri ini, termasuk kawasan wisata yang terintegrasi, dimana di dalamnya, Anda akan menemukan aneka macam tanaman aromatik, fasilitas laboratorium, pusat pelatihan, rumah produksi, museum, fasilitas MICE (Meeting, Incentives, Converences, and Exhibitions), restoran, toko dan juga  butik.

Awalnya pada tahun 1963, kawasan ini merupakan fasilitas penyulingan Citronella. Merupakan salah satu pabrik penyulingan terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, sekaligus menjadi saksi bisu, kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Bulgaria. Selanjutnya tahun 2015 silam, PT. Rumah Atsiri Indonesia, mengambil alih pendirian tersebut secara resmi, dan kini kawasan tersebut telah dibuka kembali menjadi kompleks pendidikan. 

Jam buka dan aturan wisata rute ke Rumah Atsiri

Buka setiap hari, sedangkan jam buka Rumah Atsiri Indonesia mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi kawasan yang satu ini. Dari kota Solo, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam, atau sekitar 37 KM, perjalanan akan dilakukan melalui Jalan Alternatif Matesih.

Harga tiket

Pada dasarnya para pengunjung yang ingin berwisata di kawasan tersebut, tidak perlu membayar tiket rumah atsiri Indonesia. Namun sebaliknya pihak penyedia kawasan menerapkan minimal pembelanjaan sekitar Rp 50.000 dalam bentuk voucher, yang diperoleh di pintu masuk.

Semua saldo yang ada dalam voucher tersebut, nantinya dapat ditukar menjadi berbagai macam aktivitas yang ada di Rumah Atsiri, atau bisa juga ditukar menjadi aneka macam produk olahan minyak Atsiri, cinderamata atau kulineran di restoran yang ada.  

Berikut beberapa atraksi wisata yang dapat Anda nikmati di kawasan tersebut, mulai dari :

  • Tur tanaman aromaterapi yang dapat dilakukan oleh perorangan atau juga kelompok kecil
  • Meeting, Outing dan Gatherings dapat dilakukan selama 1 hingga 5 hari, oleh kelompok kecil
  • School Trips & Program yang dapat dilakukan 1 hingga 3 hari, dan dapat dilakukan oleh kelompok
  • Outdoor activity & Tours yang dapat dilakukan selama 1 hingga 3 hari, dan dapat diikuti oleh perorangan atau grup.
  • Complete Wellness yang dapat dilakukan 1 hingga 3 hari, dan dapat diikuti oleh perorangan atau juga grup.
  • Paket pernikahan.
  • Paket Foto dan video shoots
  • Glamping   

Sedangkan Tiket rumah atsiri Tawangmangu untuk pelajar sendiri, akan dikenakan biaya sekitar Rp 27.500, dan hanya berlaku pada hari kerja, yaitu hari Senin hingga hari Jumat.   

Tentunya menarik bukan mengunjungi Rumah Atsiri Indonesia, tidak hanya memberikan pengalaman berlibur yang unik, juga memberikan banyak pengetahuan menarik, yang pastinya tidak mudah Anda temukan di tempat lainnya.

By Published On: Senin, 19 Februari 2024Views: 48

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!