Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) berkolaborasi dengan PT. Jana Dharma Indonesia siap memberikan Fasilitasi Pengembangan Usaha dalam bidang Manajemen di Desa Penyangga Zona Otorita Borobudur, Senin (13/5).

Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Usaha dalam bidang Manajemen di 5 Desa Penyangga Zona Otorita Borobudur yang berada di Kecamatan Bener, yaitu Desa Jati, Desa Medono, Desa Cacaban Lor, Desa Pekacangan dan Desa Kalitapas ini berjalan selama 4 hari di Gedung Serba Guna Tapas Gati, Desa Kalitapas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Kegiatan Pembukaan ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan Fasilitasi Pengembangan Usaha dalam bidang Manajemen di Desa Penyangga Zona Otorita Borobudur melalui peran aktif BPOB dalam program penguatan Sumber Daya Manusia yang terampil serta diversifikasi produk dan jasa di Kawasan Pariwisata Borobudur dan mendukung Program Pemerintah dalam Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kawasan Pariwisata Borobudur.

Dalam kesempatan kali ini Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi hadir secara daring memberikan motivasi sekaligus membuka secara resmi kegiatan Fasilitasi Pengembangan Usaha dalam bidang Manajemen di Desa Penyangga Zona Otorita Borobudur.

“Harapannya setelah mendapatkan Fasilitasi Pengembangan Usaha dalam bidang Manajemen, dapat meningkatkan kapasitas SDM Parekraf yang berdaya saing, penguatan manajemen rantai pasok serta peran aktif dimasa mendatang dalam pengembangan Zona Otorita Borobudur dan Kawasan Pariwisata Borobudur,” ujarnya.

Dikesempatan lain Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan, Bisma Jatmika didampingi Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Yusuf Hartanto, memberikan sambutan “BPOB rutin menyelenggarakan event di Kawasan Zona Otorita Borobudur, dengan begitu para peserta dapat belajar menjadi seorang wirausaha dan dapat ikut serta pada pameran UMKM.’’

“kesiapan desa wisata dan daya tarik wisata dan meningkatkan potensi desa wisata tersebut dalam menerima kunjungan wisatawan akan menjadi salah satu penentu keberlangsungan destinasi pariwisata, sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi para pelaku wisata di sekitar Zona Otorita BOB’’ tambah Bisma Jatmika

BPOB telah melaksanakan beberapa kegiatan pelatihan dan pendampingan di 11 (sebelas) Desa Penyangga yang dimulai dari tahun 2018 hingga 2023. Pada tahun 2024 ini terdapat 5 (lima) desa yang akan diselesaikan untuk mendapatkan Fasilitasi Pengembangan Usaha pada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang berada di Kecamatan Bener.

By Published On: Senin, 13 Mei 2024Views: 90

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!