Lokasi dan Daya Tarik Pantai Celong Batang

Begitu menginjakkan kaki di Pantai Celong Batang, Anda pasti akan langsung paham mengapa destinasi wisata yang satu ini sangat direkomendasikan. Terlebih lagi jika ini merupakan pertama kalinya Anda mengunjungi Kabupaten Batang.

Kalau begitu, apa sebenarnya yang membuat Pantai Celong jadi destinasi wisata Batang yang sangat direkomendasikan, ya? Dan apa yang membuat pantai ini berbeda dari pantai-pantai lainnya yang ada di Batang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak terlebih dahulu rangkuman ulasan mengenai Pantai Celong berikut ini! Selamat membaca, ya!

Apa yang Membuat Pantai Celong Batang Istimewa?

Pantai Celong memiliki kawasan pantai yang terbilang unik. Sebab, pesisirnya dihiasi dengan hamparan bebatuan karang yang tersebar di penjuru pantai. Bebatuan karang yang menghampar itu lantas memecah gulungan ombak Laut Jawa yang datang satu per satu dan saling beriringan.

Tak hanya pemandangan pantainya saja yang begitu memikat, Pantai Celong Batang juga berdampingan dengan jalur kereta api pantai utara alias Pantura, yang menghubungkan ujung timur dengan ujung barat Jawa. Pemandangan yang sulit Anda temukan di pesisir utara Jawa ini bisa Anda nikmati dari ketinggian.

Maka dari itu, rasanya tak heran jika Pantai Celong lantas didapuk sebagai salah satu destinasi wisata alam paling direkomendasikan di Kabupaten Batang, kan? Apalagi, Pantai Celong juga merupakan salah satu pantai favorit masyarakat setempat yang pergi berlibur di akhir pekan maupun hari libur lainnya.

Menariknya, Pantai Celong rupanya juga diyakini memiliki nilai sejarah, terutama oleh warga lokal. Pasalnya, lokasi di mana pantai pesisir utara Jawa satu ini berada dipercaya sebagai tempat Dapunta Syailendra berlabuh.

Dapunta Syailendra sendiri kemudian menjadi Wangsa Syailendra, yang keturunannya lantas dikenal sebagai para raja Mataram Kuno. Hmm, menarik juga kan?

Pesona Sunrise dan Sunset yang Memikat

Untuk mencapai lokasi Pantai Celong, Anda akan melalui terlebih dahulu kawasan perbukitan yang rimbun ditanami pepohonan randu. Bagi Anda yang belum tahu, pohon randu adalah bahan baku yang digunakan untuk memproduksi kapuk.

Sering kali, suatu pantai direkomendasikan sebagai lokasi untuk menikmati pemandangan sunrise atau sunset saja. Hanya saja, lain ceritanya dengan Pantai Celong.

Pasalnya, lokasi Pantai Celong membuatnya jadi kawasan pantai yang menawarkan pemandangan sunrise maupun sunset yang sama cantiknya. Karena alasan itu juga Pantai Celong Batang sangat cocok dikunjungi kapan saja Anda punya waktu luang, mau itu di saat subuh menjelang matahari terbit ataupun di sore hari sebelum petang untuk berburu sunset.

Ada di Mana Lokasi Pantai Celong?

Selanjutnya, di mana tepatnya lokasi Pantai Celong? Pantai cantik nan unik yang jadi salah satu ikon wisata Batang ini tepatnya berada di Desa Mangunsari, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lokasi Pantai Celong memang tidak jauh dari titik di mana rel kereta api jalur Pantura berada.

Kecamatan Banyuputih sendiri tak terlalu jauh dari pusat Batang. Dengan jarak sekitar 32 km di sisi timur ibukota Batang, estimasi lama waktu perjalanan menuju lokasi Pantai Celong dari pusat Batang kira-kira 60 menit.

Nah, itu tadi rangkuman penjelasan tentang Pantai Celong Batang, serta apa yang membuat pantai di pesisir utara Pulau Jawa ini begitu istimewa. Apabila Anda sudah berencana akan berkunjung ke Batang atau melewati Batang dalam waktu dekat ini, Pantai Celong jelas jadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi, kan?

By Published On: Jumat, 26 Januari 2024Views: 40

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!