Wadas Tumpang Banjarnegara, Wisata Alam Ikonik

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Banjarnegara,  ada salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi. Namanya adalah Wadas Tumpang Banjarnegara, yang dikenal luas memiliki keindahan alam yang indah dan menjadikannya sebagai salah satu wisata Banjarnegara paling ikonik.

Lokasi tepat dari Wadas Tumpang sendiri berada di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang. Begitu Anda tiba di lokasinya, Anda akan bisa langsung menyadari mengapa destinasi wisata Banjarnegara yang satu ini jadi salah satu rekomendasi wajib bagi siapa saja.

Beda dengan kebanyakan wisata ikonik yang hanya terkenal di kalangan wisatawan atau pelancong yang sedang berkunjung ke Kabupaten Banjarnegara, Wadas Tumpang masih jadi salah satu tempat liburan favorit wara lokal.

Tak hanya di akhir pekan saja, destinasi wisata alam ikonik Kabupaten Banjarnegara yang satu ini selalu ramai dikunjungi para turis setiap harinya. Mulai dari warga lokal yang berlibur sambil menghabiskan waktu dengan orang tersayang sampai wisatawan dari luar kota maupun luar provinsi, Wadas Tumpang Banjarnegara seolah tak pernah sepi dari tamu.

Lantas, apa sebenarnya yang paling membuat Wadas Tumpang begitu populer, ya? Simak penjelasannya lebih lanjut untuk mencari tahu pesona dan daya tarik utama Wadas Tumpang, ya!

Daya Tarik Wadas Tumpang Banjarnegara

Begitu Anda tiba di lokasi Wadas Tumpang, Anda akan langsung disambut dengan keindahan panorama pegunungan yang membentang seolah tanpa batas. Maka dari itu, Anda yang merupakan pecinta wisata alam jelas jangan sampai melewatkan destinasi wisata Banjarnegara yang satu ini.

Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang begitu hijau dan asri untuk menyegarkan hati serta pikiran Anda. Tentu saja panorama yang menyambut Anda bukanlah pemandangan yang biasa menyambut di perkotaan, kan?

Tak hanya memanjakan mata dengan pemandangan alam yang menawan, Wadas Tumpang juga menawarkan kesempatan untuk mengeksplorasi dan menjelajah alam. Tak perlu sampai harus repot-repot menyiapkan perlengkapan hiking untuk pro, sebatas berjalan-jalan mengelilingi kawasan Wadas Tumpang saja dijamin sudah menawarkan pengalaman yang berbeda.

Ikon Utama nan Unik Wadas Tumpang

Akan tetapi, apakah panorama alam dan pegunungan jadi satu-satunya daya tarik yang membuat Wadas Tumpang jadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Kabupaten Banjarnegara? Tentu saja jawabannya adalah tidak!

Di jantung Wadas Tumpang, terdapat sepasang batu berukuran besar yang unik. Menariknya, apa yang terjadi pada kedua batu besar itu sepenuhnya alami alias tanpa campur tangan manusia.

Kedua batu tersebut berada dalam posisi saling bertumpukan. Kemudian Anda bisa temukan akar pohon beringin raksasa yang melengkapi pemandangan cantik, unik, nan magis tersebut.  Lokasi tumbuhnya pohon beringin tersebut pun tak jauh dari titik di mana sepasang batu besar itu berada.

Mitos di Balik Pesona Wadas Tumpang

Seperti halnya tempat wisata alam pada umumnya di Indonesia, terdapat mitos yang mengelilingi Wadas Tumpang ini. Terlebih lagi begitu melihat bertapa uniknya ikon Wadas Tumpang tersebut.

Konon, lokasi yang sekarang dikenal sebagai Wadas Tumpang tersebut dulunya merupakan lokasi petilasan alias pertapaan. Itulah alasan mengapa ada begitu banyak sesajen yang ditinggalkan di penjuru kawasan Wadas Tumpang.

Hanya saja, terlepas dari mitos bernuansa magis di Wadas Tumpang Banjarnegara, tempat wisata yang satu ini tetap menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda sambangi. Terlebih lagi jika Anda ingin melarikan diri dan menyegarkan kembali tubuh maupun pikiran dari sibuknya kehidupan di kota besar,

By Published On: Rabu, 17 Januari 2024Views: 167

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!