Waduk Sempor Gombong : Lokasi, Daya Tariknya, Serta Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung Ke Sini

Tidak hanya terkenal memiliki wisata pantai yang eksotis, di Kebumen juga memiliki berbagai destinasi wisata lain yang tentunya tak kalah bagusnya, salah satunya yaitu Waduk Sempor Gombong. Waduknya sangat luas serta menawarkan pemandangan indah perbukitan dan juga pemandangan pegunungan. Wisata ini cocok untuk jadi salah satu destinasi berlibur bersama teman maupun keluarga.

Anda mungkin penasaran dimana letak wisata Waduk Sempor yang ada di Kebumen ini. Oleh karena itu, simaklah artikel berikut yang akan membahas lokasi, daya tarik, sampai dengan rekomendasi waktu terbaik mengunjungi Waduk Sempor.

Di mana Letak Waduk Sempor Gombong?

Adapun lokasi Waduk Sempor di Kebumen ini adalah di Desa Sempor, Kec. Sempor, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi waduk ini sekitar 7 km di sebelah utara Kecamatan Gombong, dan tidak jauh dari lokasi Pasar Wonokriyo serta lokasi Stasiun Gombong.

Mulanya, Waduk Sempor ini lebih difungsikan sebagai lokasi sumber pengairan sawah atau irigasi untuk beberapa kompleks persawahan yang ada di sekitarnya. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu fungsi dari Waduk Sempor tersebut jadi bertambah dan sekarang ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kabupaten Kebumen.

Untuk menempuh perjalanan menuju Waduk Sempor di Kebumen ini, pastikan kondisi kendaraan Anda tersebut sudah dalam keadaan yang prima. Dikarenakan jalanan yang akan Anda tempuh menuju lokasinya cenderung menanjak.

Daya Tarik Waduk Sempor di Kebumen

Pada wisata Waduk Sempor Kebumen ini, para pengunjung dapat menikmati sejuk nan segarnya udara dengan pemandangan lanskap pegunungan yang asri disertai dengan rimbunnya pepohonan hutan cemara. Waduk ini menarik dengan hamparan perairannya yang luas dan juga hijaunya pepohonan di sekitarnya.

Selain itu, di waduk ini juga menarik karena terdapat beberapa rekreasi air yang seru, contohnya seperti speedboat, slow boat, perahu dayung, serta bebek dayung. Wahana perahu motor yang ada di Waduk Sempor akan memutari waduk ini selama kurang lebih 30 menit. Namun jika para pengunjung ingin bersepeda atau hanya ingin berjalan santai sambil menghirup sejuknya udara pegunungan, dapat memanfaatkan jalanan di area waduk Sempor yang terbentang luas.

Masih belum berhenti sampai di situ saja, daya tarik lainnya dari waduk ini adalah tentang kulinernya
yang khas. Jika sedang berkunjung, sebaiknya Anda mencicipi salah satu kudapan khas wisata waduk ini, yaitu dinamakan mendoan Amba. Mendoan Amba ini merupakan istilah yang diberikan oleh warga di sekitar sana untuk jenis makanan gorengan yang ukurannya sangat lebar, biasanya yaitu tempe. Biasanya, kudapan berupa mendoan Amba khas wisata Waduk Sempor disajikan dengan nikmatnya sambal kecap.

Kapan Waktu yang Tepat Berkunjung ke Waduk Sempor?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata waduk yang seluas 43 kilometer persegi ini adalah sekitar di waktu sore hari. Akan tetapi, tidak salah juga jika Anda berkunjung ke Waduk Sempor saat waktu pagi ataupun saat siang hari. Hanya saja ketika berkunjung di sore hari, Anda dapat lebih menikmati semua keindahan serta kesegaran udara di waduk ini dengan maksimal, karena udara saat sore hari tentu biasanya lebih sejuk daripada saat siang.

Itulah lokasi Waduk Sempor Gombong, daya tariknya, dan rekomendasi waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Waduk Sempor. Tertarik untuk menikmati sore yang santai dan sejuk di Waduk Sempor? Yuk, agendakan sekarang!

By Published On: Selasa, 2 Januari 2024Views: 83

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!