Wonosobo – Minggu, 21 April 2023, Badan Pelaksana Otorita Borobudur yang di wikili oleh Direktur Pemasaran Pariwisata, hadir dalam acara Puncak Festival Balon 2024 yang digelar di Alun-alun Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Acara ini sebagai acara puncak dari rangkaian Festival Mudik Wonosobo 2024 dari tanggal 11-20 April 2024. Acara ini bertujuan untuk menampilkan potensi pariwisata, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dari wilayah Kabupaten Wonosobo serta untuk mendongkrak kunjungan wisata di wilayah tersebut.

Selain sebagai ajang kreatifitas para komunitas balon udara, kegiatan ini sebagai pelestarian tradisi yang dilakukan pada saat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Tercatat sebanyak 53 balon siap mengudara di atas alun-alun Wonosobo. Balon-balon ini mulai diterbangkan sejak pukul 07.00 pagi.

“Hari ini balon yang diterbangkan sebanyak 53 balon udara. Itu merupakan yang terbaik dari berbagai wilayah di Wonosobo. Yang terbaik kita undang untuk diterbangkan di acara puncak,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wonosobo, Agus Wibowo, Minggu (21/4/2024).

Agus menambahkan, dititik lain sebelumnya sudah diterbangkan 30 hingga 40 balon udara. Sedangkan kunjungan wisatawan mencapai 189 ribu. Festival balon ini memang sudah diselenggarakan sejak 11 April lalu di 14 titik berbeda.

Acara dihadiri oleh Bapak Bupati Wonosobo, Forkompimda Kabupaten Wonosobo, Direktur Utama Airnav, GM Airnav Yogyakarta beserta undangan lainnya.

Acara berlangsung dengan lancar meskipun terjadi kemacetan luar biasa karena antusias ribuan masyarakat serta wisatawan yang ingin melihat langsung Balon Udara diterbangkan di atas alun-alun Kabupaten Wonosobo. Penginapan di sekitar venue juga penuh dengan wisatawan dari luar daerah.

 

By Published On: Minggu, 21 April 2024Views: 188

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!