Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan “Jalin Nusantara” dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta ekonomi kreatif berbasis digital di tanah air.

Tiktok “Jalin Nusantara”, hal ini hasil dari kesepakatan kolaborasi TikTok bersama Kemenparekraf demi mewujudkan sektor parekraf yang maju dan berkelanjutan dengan membawa kearifan lokal. Program ini juga akan memberikan dampak terhadap 18.000 penduduk lokal dan 500 pelaku UMKM di Tanah Air, diiringi dengan pelatihan keterampilan digital di 19 titik di Indonesia, yang terdiri atas 10 sentra ekonomi kreatif dan 9 destinasi pariwisata.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatangan kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto dengan Head of Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia, Firry Wahid, yang disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Selasa (23/1/2024).

Menparekraf Sandiaga berharap kerja sama ini menjadi langkah strategis dalam menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan program ini akan memberikan pelatihan keterampilan digital di 19 titik di Indonesia yaitu di 10 sentra ekonomi kreatif (Samosir, Pekanbaru, Tangerang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Banyuwangi, Balikpapan, Labuan Bajo, Jayapura), dan 9 destinasi pariwisata (Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi Toruan, Desa Wisata Jangga Dolok, Desa Wisata Raya Seribu Bunga, Desa Wisata Sait Buttu Asri, Desa Wisata Kampung Warna Warni Tiga Rihit, Desa Wisata Lumban Bulbul, Desa Wisata Golo Loni, Ekraf Victory, dan Desa Wisata Ululoga).

Dalam menjalankan program TikTok Jalin Nusantara ini, TikTok berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Platform Usaha Sosial (PLUS), dan Telkom.

Head of Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia, Firry Wahid, menyampaikan program TikTok Jalin Nusantara menjadi bentuk komitmen perusahaannya untuk terus mendukung para pelaku UMKM dengan meningkatkan keterampilan digital yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan lokal.

Firry menjelaskan TikTok Jalin Nusantara berfokus pada peningkatan keterampilan dan pemberdayaan yang meliputi literasi digital, bisnis, dan finansial dasar; keterampilan digital esensial seperti pembuatan konten, pemasaran digital, dan praktik e-niaga; serta keberlanjutan bisnis melalui kemitraan dan dukungan dari pihak pemerintah dan komunitas bisnis.

“Kami menyaksikan bagaimana mereka memanfaatkan TikTok untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan bisnis mereka, serta membuka lapangan pekerjaan. Program TikTok Jalin Nusantara menjadi bentuk komitmen kami untuk terus mendukung para pelaku UMKM ini, dengan meningkatkan keterampilan digital yang komprehensif dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal,” ungkap dia.

Program ini diharapkan dapat membuka akses bagi uMKM dan wiraswasta untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital, sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan peluang untuk mengembangkan bisnis dan keterampilan berbisnis.

UMKM di Yogyakarta Diharapkan Mendaftar TikTok Jalin Nusantara

Bagi UMKM yang berada di wilayah Yogyakarta, segera daftarkan bisnis Anda melalui bit.ly/TikTokJalinNusantaraBatch2. Periode Pendaftaran: 14 Maret – 19 April 2024. Peserta akan mendapatkan Lokakarya intensif dan pendampingan bersama para mentor dan professional expert, modul pembelajaran strategi bisnis di era digital, tips dan trik membangun bisnis di era digital serta reward bagi peserta dengan performa terbaik.

Kriteria Pendaftar:

  • Berusia 18-50 tahun
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi dan media sosial
  • Sedang atau menjalankan bisnis sendiri minimal selama 6 bulan
  • Bersedia mencoba TikTok sebagai platform untuk mempromosikan bisnisnya
  • Berada di kota yang terdekat atau berada di area sekitar kota tujuan
  • Memiliki komitmen menghadiri seluruh rangkaian kegiatan

Syarat dan Ketentuan:

  • Membuat video berdurasi 90 detik mengenai diri kamu dan produk usaha, menjelaskan motivasi mengikuti program TikTok Jalin Nusantara, suara terdengar jelas dan produk terlihat jelas.

 

By Published On: Selasa, 16 April 2024Views: 219

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!