Yogyakarta, 8 April 2024 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) bersama Ms Glow melepas keberangkatan 500 pemudik yang terdiri dari pegawai di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf serta masyarakat umum melalui program “Mudik Bareng 2024” untuk membantu masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman di momen libur lebaran.

“Tahun ini (pesera Mudik Bareng) naik dari 400 menjadi 500. Mudah-mudahan yang berpartisipasi mendapatkan keberkahan dan kesehatan. Saya ucapkan selamat mudik, selamat berkumpul bersama keluarga, merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” kata Menparekaf Sandiaga saat memberikan sambutan di halaman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (8/4/2024).

Menparekraf Sandiaga memprediksi perputaran ekonomi pada periode mudik dan libur lebaran tahun 2024 dapat mencapai Rp276 hingga Rp350 triliun. Angka ini mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 15 persen jika dibandingkan dengan potensi perputaran ekonomi lebaran tahun sebelumnya yakni Rp240,01 triliun.

“Besar harapan kami melalui Mudik Bareng ini dapat menggerakkan perekonomian di kampung halaman. Jadi tidak hanya di perkotaan saja ekonominya yang bergerak tapi di kampung halaman nanti produk-produk ekonomi kreatif hingga destinasi wisata juga bisa berkembang,” ujarnya.

Kehadiran program “Mudik Bareng” yang berkolaborasi dengan MsGlow telah memasuki tahun ke-3. Dimana telah banyak peningkatan yang dilakukan, salah satunya dengan menambah jumlah kuota pemudik dari berjumlah 400 menjadi 500. Para peserta mudik juga mendapatkan tunjangan hari raya (THR) senilai total Rp200 juta dan goodiebag dari MsGlow yang berisi Al-Qur’an lengkap dengan sejumlah produk kecantikan dari MsGlow.

Adapun rute keberangkatan dibagi tiga kategori. Yakni Jakarta-Semarang-Surabaya sebanyak 190 orang, Jakarta-Solo-Yogyakarta sebanyak 218 orang, dan Jakarta-Surabaya-Malang sebanyak 72 orang.

Founder J99 Corp., Gilang W. Pramana, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari Kemenparekraf sehingga program Mudik Bareng ini dapat terlaksana dengan baik.

Lebih lanjut Gilang menambahkan, Mudik Bareng kali ini hampir 40 persen peserta pemudiknya adalah perempuan. Hal ini selaras dengan corporate value MsGlow yang ingin memberdayakan perempuan.

“Jadi memang secara khusus yang diberangkatkan, 40 persen kuotanya untuk perempuan. Dan alhamdulillah disambut dengan baik. Insya Allah nanti ke depan akan menyasar yang lebih membutuhkan. Karena program ini diharapkan bisa sangat tepat sasaran, sangat bermanfaat, dan sangat berdampak bagi masyarakat,” kata Gilang.

Hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Deputi Bidang Kebijakan Strategi Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati; dan Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit.

By Published On: Senin, 8 April 2024Views: 78

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!