Semarang, 23 Maret 2024 – Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin didampingi staff menghadiri kegiatan Peresmian Kantor Sekretariat Genpi Jawa Tengah dan Peringatan Hari Ulang Tahun Genpi Jawa Tengah di kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang 24/4/24.

Kegiatan yang dikemas dalam rangkaian acara buka bersama ini dihadiri oleh Kasubag bidang Pengembangan Pariwisata Disporapar Jateng Tanti Apriani, Ketua Genpi Nasional Siti Chotijah, Pembina Genpi Lombok Taufan Rahmadi, Pembina FK Pokdarwis Jateng Trengono dan Ariyanto selaku ketua umum Genpi Jateng.

Generasi Pesona Indonesia atau lebih dikenal dengan nama Genpi merupakan komunitas yang terdiri dari netizen yang memiliki ketertarikan pada bidang pariwisata, yang dibentuk dengan target dapat menjadi pengerak promosi pariwisata daerah dan nasional. Untuk itu, anggota Genpi biasanya mereka yang suka membuat konten-konten media sosial dan konten tulisan. Sekaligus kemampuan dalam hal foto, video atau narasi.

Genpi saat ini sudah eksis di 34 propinsi salah satunya yang cukup aktif dan memiliki member cukup banyak yaitu Genpi Jawa Tengah, komunitas Genpi di jawa tengah sudah berumur 7 tahun, tentu sudah usia yang matang bagi sebuah organisasi.

Dalam kesempatan ini agustin mengatakan bahwa peran komunitas dalam pengembangan pariwisata kususnya promosi pariwisata sangatlah penting, dan Genpi merupakan komunitas yang dibentuk untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di daerahnya maupun lebih besarnya juga pariwisata nasional. BOB sendiri hingga saat ini terus bekerjasama dengan Genpi untuk pembuatan konten media sosial.

Senada dengan hal tersebut Ariyanto juga menyampaikan bahwa Genpi wilayah Jawa Tengah telah menjalankan program – program promosi pariwisata, dan tentu program program tersebut banyak diantaranya yang di suport oleh Badan Pelaksana Otorita Borobudur.

Harapannya kedepan Pemerintah bersama seluruh pengiat pariwisata dapat berkolaborasi guna meningkatkan proporsi kontribusi pariwisata terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) yang kita ketahui Kontribusi Sektor Pariwisata untuk PDB Pariwisata adalah 2019 4,8 %, 2020 4,0 %, 2021 2,4 %,2022 4,3 %, 2023 3,83 % dan target di tahun 2024 mendatang kita harus meningkatkan hingga 5%

Tentu hal tersebut merupakan suatu capaian yang cukup berat namun jika kita berkolaborasi bersama dan dapat menangkap seluruh potensi yang ada maka bukan tidak mungkin target target tersebut dapat terlaksana, untuk itu dimulai dari skala komunitas Genpi harus mampu menangkap potensi tersebut tambah Taufan.

By Published On: Sabtu, 23 Maret 2024Views: 109

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!