Magelang – Badan Otorita Borobudur (BOB) mengadakan konsultasi publik untuk memaparkan prospek investasi di Zona Otorita yang berada di Perbukitan Menoreh, 12 km ke barat dari Candi Borobudur. Proyek yang akan dikembangkan seluas 309 Ha dan diberi nama “Borobudur Highland”. Konsultasi Publik Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) telah dilaksanakan di Plataran Heritage Magelang pada tanggal 13 Maret 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, membuka acara tersebut dengan menjelaskan Kawasan Pariwisata Borobudur sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang dikembangkan secara kolaboratif antara pihak pemerintah dan swasta, serta berbagai stakeholders terkait.

Dalam acara ini dihadiri oleh pihak pemerintah pusat, pemerintah daerah, KADIN, HIPMI, asosiasi industri pariwisata, dan para investor.

Badan Otorita Borobudur (BOB) siap kembangkan lima Zona Borobudur Highland pada kawasan perbukitan Menoreh dengan menggandeng BU (Badan Usaha).

Hal ini dijelaskan langsung oleh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita dalam sebuah agenda dengan tajuk ‘Kerja Sama Pemrintah dan Badan Usaha (KPBU) Zona Otorita Badan Otorita Borobudur’.

“Pada prinsipnya kita akan melakukan kerjasama pemerintah Badan Usaha yang diprakarsai oleh Bappenas,” tutur Indah dalam acara pemaparan di The Herritage Convention Center, Magelang, Jumat 12 Maret 2021.

BOB sendiri dibentuk oleh pemerintah dengan tugas utama menjadi system integrator, investment catalyst dan project management.
• System integrator artinya BOB berkolaborasi dengan multi-stakeholders di bidang kepariwisataan.
• Investment catalyst artinya BOB mendorong investasi sektor pariwisata di Kawasan Pariwisata Borobudur.
• Project management artinya BOB memantau perkembangan proyek strategis nasional dan membantu koordinasi jika terdapat kendala di lapangan.
Sebagai investment catalyst, BOB ditugaskan untuk membangun sebuah project kawasan pariwisata terpadu di Perbukitan Menoreh.
Selanjutnya, Indah juga menjelaskan mengenai Masterplan hingga lima zona kawasan perbukitan Menoreh yang bakal dikembangkan. “Masterplan kita terdiri dari beberapa zona, ada zona Extreme, zona untuk pintu gerbang, zona wisata budaya, zona Resort dan untuk atraksi.” tutur Indah.
Sementara itu, untuk pengembangan Resort pada pada wilayah tanah HPL serta kerjasama BOB Perhutani diperkirakan akan ada total 1.050 kamar (unit).

Selanjutnya, Indah berharap bahwa kedepannya akan lebih banyak investor masuk sehingga proses pengembangan kawasan wisata Borbudur Highland ini mampu selesai dengan cepat.

#BersamaUntukIndonesiaMaju
#WonderfulIndonesia

By Published On: Sabtu, 13 Maret 2021Views: 372

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!