BANDUNG, BPOB –  Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) turut berpartisipasi pada exhibition booth dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Rakornas Parekraf) Tahun 2023.

Acara yang berlangsung di Trans Luxury, Bandung resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan mengusung tema “Indonesia Maju Bersama Parekraf Hijau”, Selasa (12/12/2023). Acara ini dilaksanakan selama dua hari mulai 12-13 Desember 2023. Hadir secara langsung Direktur Utama BPOB, Agustin Peranginangin dalam Rakornas Parekraf 2023.

Tujuan kegiatan ini sebagai ruang untuk menyusun rencana aksi sekaligus evaluasi pencapaian dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait guna menyukseskan program strategis parekraf tahun 2024 yaitu percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam sambutannya di pembukaan acara Rakornas Parekraf 2023, menyampaikan bahwa rakornas menerapkan konsep green meeting sehingga diharapkan para peserta berkomitmen dalam menjaga lingkungan dan pelestarian alam.

“Rakornas ini saya harapkan dapat menciptakan sinergi dan kolaborasi antar stakeholder parekraf. Jangan sampai kita kita hanya sekadar berkumpul tapi tidak menghasilkan output. Mari kita saling berko-kreasi dan berkolaborasi. Karena saya yakin kita bisa maju dan mencapai Indonesia Emas 2045 dengan strategi tiga ‘Si’, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” katanya.

Rakornas Parekraf 2023 diharapkan dapat memastikan pelaksanaan proyek strategis nasional dan pencapaian target tahun 2024 yang tertuang dalam RKP 2024 serta memperkuat orkestrasi dan sinergi program dan kegiatan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif antar unsur Penthahelix.

Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani dalam laporannya menjelaskab bahwa Rakornas Pariwisata 2023 secara khusus akan membahas lima isu yajg dilatarbelakangi RKP 2024 yakni Climate Crisis dan Dekarbonasi (Green)_ dengan 4 pilar keberlanjutan, kemudian Archipelago and Island Tourism Development (Blue), New Trends: Digital, Regenerative, Niche Tourism, Event Tourism, Health & Medical, Marine, Eco Heritage Regeneration, Sumber Daya Manusia serta Hak Kekayaan Intelektual.

Kegiatan Rakornas Parekraf 2023 dimeriahkan oleh Exhibition Booth yang diikuti oleh 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Desa Wisata Panglipuran, Kota Kreatif Solo, Poltekpar Bandung dan UMKM pilihan.

Sejalan dengan tema Rakornas Parekraf tahun ini, segala sesuatu yang dipamerkan dan dijual tidak ada yang berbahan dari plastik. Para peserta yang hadir juga diminta untuk menyiapkan botol minum pribadi untuk ikut berkontribusi dalam mengurangi dampak perubahan iklim.**

 

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB
By Published On: Rabu, 13 Desember 2023Views: 292

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!