Yogyakarta, BPOB – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan event BOB Golf Tournament 2023 yang diselenggarakan Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) pada hari Minggu, 26 November 2023 di Merapi Golf Club, Daerah Istimewa Yogyakarta.

BOB Golf tournament merupakan kali pertama penyelenggaraan Golf yang digelar untuk memperkuat potensi pariwisata DPSP Borobudur sebagai daerah tujuan bagi penyelenggaraan event berbasis sport tourism. Selain tournament Golf, event ini juga melaunching Buku Ekonomi Kreatif Desa.

“Kami sangat mengapresiasi BOB sebagai penyelenggara dalam menyukseskan event ini. Event ini merupakan salah satu bukti bahwa DPSP Borobudur memiliki destinasi sport tourism yang layak diperhitungkan untuk dijadikan tuan rumah penyelenggara event olahraga nasional bahkan internasional” ujar Restog Krisna Kusuma, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf/Baparekraf yang pada kesempatan kali ini hadir untuk membuka event sport tourism mewakili Menparekraf.

Restog menambahkan olahraga golf menjadi bagian utama dari sport tourism atau pariwisata berbasis olahraga. Selanjutnya ia mengharapkan perlunya sinergitas semua pihak guna mendorong potensi besar tersebut sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Event Sport Tourism golf ini bertajuk “Sinergi Pariwisata Super Prioritas” berhasil menarik perhatian golfer dari berbagai wilayah seperti DIY dan Jateng karena selain menawarkan berbagai hadiah menarik bagi peserta, event ini juga memberikan pengalaman baru bagi mereka bermain golf dengan pemandangan Gunung Merapi sebagai salah satu cagar biosfer yang diakui oleh UNESCO.

Sport tourism menjadi salah satu atraksi wisata yang terus bertumbuh di seluruh dunia sehingga pemerintah optimis nilai ekonomi sektor sport tourism ini pada 2024 bisa menembus target optimis sebesar Rp18,7 triliun.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Agustin Paranginangin selaku ketua penyelenggara menambahkan bahwa penyelenggaraan event ini juga diharapkan dapat semakin memperkuat DPSP Borobudur sebagai destinasi yang ramah akan sport tourism berbasi event.

“DPSP memiliki potensi destinasi bebasis sport tourism yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan ekosistem industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang pastinya berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan, diikuti dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi utamanya pada sektor ekonomi kreatif. Karena banyak sekali pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan event ini”, tambah Agustin.

Agustin sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan Kemenparekraf/Baparekraf, karena event ini juga merupakan salah satu wujud nyata penerapan strategi yang dimiliki Kemenparekraf/Baparekraf. Gerak Cepat (GERCEP) dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa melalui berbagai penyelenggaraan event, Gerak Bersama (GEBER) dengan melibatkan berbagai stakeholders pada event ini dan Gali Seluruh Potensi Lapangan Usaha dengan memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki Kawasan Pariwisata Borobudur sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas.

 

 

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB
By Published On: Senin, 27 November 2023Views: 253

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!