Bentuk upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) parekraf di Kabupaten Gunungkidul,

Gunungkidul, 16 November 2023, Badan Otorita Borobudur (BOB) berkolaborasi dengan PT. Putri Kedaton Group menggelar pelatihan dan Sertifikasi Hospitality SDM Parekraf di Kawasan Pariwisata Borobudur.

Pelatihan digelar selama 86 hari, yang terdiri dari 1 hari Pembukaan, 6 hari Pelatihan, 2 hari Experience Learning di Hotel Berbintang, 75 hari pemagangan, 1 hari Uji Kompetensi dan 1 hari Penutupan

Hari ini merupakan penutupan dari rangkaian acara kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Hospitality SDM Parekraf di Kawasan Pariwisata Borobudur, yang bertujuan untuk mendorong tercapainya Target Utama RPJM 2020-2024, serta fokus dalam mendukung Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) di Kawasan Pariwisata Borobudur.

“Harapannya setelah mendapatkan Pelatihan dan Sertifikasi Hospitality, para peserta menjadi SDM yang terampil dan tersertifikasi di bidang hospitality dengan skema pelatihan Front Office (Bill Boy), Food & Baverage (F&B Produk, Waiter/s), House Keeping (Room Attandent)yang sudah dilatihakan sehingga siap untuk menjadi tenaga kerja langsung di Kabupaten Gunungkidul dan sekitarnya,” kata Pejabat Fungsional Adyatama Kepariwisataan Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Bapak Dadang Rizki yang didampingi oleh Direktur Utama, Badan Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin saat memberikan sambutan.

Proses pembekalan SDM pariwisata diperkuat dengan pelaksanaan pemagangan selama 2,5 bulan di Hotel Bintang 4 yang ada di Yogyakarta dan salah satu hotel di Kab. Gunungkidul. Proses pemagangan ini penting sebagai media pembelajaran para peserta sebelum terjun di Industri pariwisata sesungguhnya. Selain pelatihan dan pemagangan, peserta mengikuti sertifikasi kompetensi Bersama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi ini merupakan proses yang penting untuk memastikan kompetensi para peserta dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang profesional sehingga diharapkan dapat mengembangkan pariwisata di Kawasan Pariwisata Borobduru khususnya di wilayah Gunungkidul.

By Published On: Jumat, 17 November 2023Views: 332

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!