Klaten-BOB Dalam rangka memeriahkan Hari Ekraf Nasional yang pertama kalinya pada tanggal 24 Oktober 2023, BOB menyelenggarakan Workshop Digital Marketing SDM Parekraf bagi Pemenang ADWI di Kawasan Pariwisata Borobudur yang telah dilaksanakan di Georium Dunia, Desa Wisata Bugisan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah (8/11).

Diikuti oleh 8 Desa Wisata di Jateng dan DIY, diantaranya Desa Wisata Conto, Desa Wisata Sangiran, Desa Wisata Bugisan, Desa Wisata Sidowarno, Desa Wisata Tepus, Desa Wisata Wukirsari, Kampung Wisata Purbayan, Kampung Wisata Rejowinangun.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan ketrampilan SDM Parekraf di bidang digital marketing, sehingga Desa Wisata mampu sustain dan on-boarding ke online travel agent dan online marketplace

Turut hadir pada pembukaan kegiatan ini, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPOB, Bp. Bisma Jatmika, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Bp. Sri Nugroho, Para Narasumber, Tim BOB, serta 32 peserta dari 8 Desa Wisata.

Pada kesempatan ini Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini menjadi pembelajaran interaktif dan pratikal yang difokuskan pada topik atau bidang digital marketing dan akan dibentuk kelompok.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan ini, karena Desa Wisata Bugisan bisa ikut berkontribusi dalam mensukseskan acara ini, semoga acara seperti ini dapat terus berkelanjutan dan bermanfaat bagi para desa wisata yang mengikuti kegiatan ini

Sesi pertama pemaparan materi terkait Strategi Komunikasi di Sosmed dan Website oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammdiyah Magelang, Bp. Prihatin Dwihantoro; On-boarding Marketplace di Desa Wisata oleh CO- Founder PT. Atourin Teknologi Nusantara Bp. Reza Permadi; Cara on-boarding paket yang di create oleh TA/TO oleh Direktur Utama PT. Djalanin Wisata Jaya Bp. Dion Sultan Ciptadimulya;
dan Pembuatan Website Ramah SEO oleh Kerjasama berkelanjutan, PT. Klik Digital Nusantara Ibu Sylvania Jeshuani.

Sesi kedua, dilanjutkan workshop dalam rangka menemukenali permasalahan dan mencari solusi di Desa Wisata dengan empat narasumber yang terbagi menjadi menjadi empat kelompok.

Sesi ketiga adalah menikmati pengalaman paket wisata di Desa Wisata Bugisan dengan bersepeda mengelilingi desa, bermain permainan tradisional, edukasi pembuatan emping.

Kegiatan ini diakhiri dengan menikmati atraksi budaya di Paseban Candi Kembar dan penyampaian kesan pesan dari peserta. Para peserta mengatakan bahwa mereka merasa terfasilitasi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Otorita Borobudur.

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB
By Published On: Jumat, 10 November 2023Views: 304

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!