Pada Jumat, 15 September 2023, Zurich, Swiss, menjadi saksi dari momen pengundian pembagian grup Piala Dunia U-17 2023 yang penuh antusiasme. Timnas Indonesia U-17, sebagai tuan rumah tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, akan menjadi tempat di mana mimpi-mimpi para pemain muda Indonesia akan diwujudkan. Selaint Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Piala Dunia U-17 ini juga menggunakan Stadion Manahan, Solo untuk pertandingan Grup B yang terdiri dari Spanyol, Mali, Uzbekistan dan Kanada.

Piala Dunia U-17 juga berpengaruh kepada tingkat hunian hotel di Solo. Menurut juru bicara Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Solo, Wening Damayanti tingkat hunian hotel atau okupansi di Solo meningkat 40 – 50 persen. “ Kalau untuk kami kenaikan okupansi sudah ada, tapi belum signifikan. Apalagi kalau hotelnya agak jauh dari venue Piala Dunia U17 di Solo. Ring 1 kan di Stadion Manahan. Di ring 1 itu ada sejumlah hotel official Piala Dunia U17 yang sudah full booked. Ada 4 hotel. Setiap negara peserta saja ada berapa rombongan, pemain, pelatih, kru timnas, kemudian tim media centre, itu sudah banyak lho. Solo ada 4 negara yang ikut” ujar Wening dilansir dari kbr.id.

Data PHRI Solo mencatat sudah ada 9000-an kamar yang tersedia di berbagai hotel berbintang dan non-bintang sejak dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali hingga Solo. Hal ini juga diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara, target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini sebesar 7,4 juta kunjungan dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 1,4 milyar pergerakan.

By Published On: 11 November 2023Views: 99

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!