Klaten-Dalam rangka memeriahkan Hari Ekonomi Kreatif Nasional atau Hekrafnas yang ditetapkan tanggal 24 Oktober, Badan Pelaksana Otorita Borobudur akan melaksanakan Kegiatan Workshop Digital Marketing SDM Parekraf bagi Desa Wisata Pemenang ADWI yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 08 November 2023 di Georium Dunia, Desa Wisata Bugisan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah.

Adapun pemilihan lokasi di Kabupaten Klaten juga berdasarkan pada zona merah kemiskinan ekstrem, masuk kedalam RPerpres RIDPN Borobudur-Yogyakarta-Prambanan, dan sebagai implementasi kesetaraan gender sesuai dengan tujuan ke-5 SDG’s.

Kegiatan koordinasi persiapan yang dilaksanakan oleh Tim Divisi Pengembangan Bisnis Pariwisata ini sebagai tindak lanjut dari zoom meeting pada tanggal 26 Oktober 2023 dengan melibatkan para calon Narasumber dari Klik digital, Atourin dan Djalanin.com, supaya Desa Wisata bisa on-boarding dan sustain dalam pengelolaan desa wisatanya.

Koordinasi dihari pertama dilaksanakan di Desa Wisata Sidowarno dan Desa Wisata Bugisan pada tanggal 30 Oktober 2023 dengan tujuan menemukenali kendala dalam pengelolaan digital marketing, memastikan produk ekraf dan paket wisata yang siap on-boarding di marketplace, memastikan kesetaraan gender bagi calon peserta sesuai dengan tujuan ke-5 SDG’s, serta memastikan venue kegiatan. Kegiatan ini, semula akan dilaksanakan di New Merapi Resto sesuai masukan dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Klaten, namun karena ditanggal yang sama ada kegiatan dan lokasi kurang memadai, maka lokasi kegiatan bergeser ke Georium Dunia yang berada di Desa Wisata Bugisan. Lokasi ini dipilih karena berada di Desa Wisata dan mempunyai ruangan yang memadai untuk kegiatan workshop.

Koordinasi dihari kedua merupakan sebagai tindak lanjut MoU antara Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dengan BPOB, dilaksanakan di UNIMMA pada tanggal 31 Oktober 2023 terkait dengan permohonan narasumber. Tim Divisi Pengembangan Bisnis Pariwista disambut langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi & Humaniora, Ibu Hermahayu; Kaprodi ILKKM, Bp. P.Dwihantoro dan Sekretaris Universitas, Ibu Dwi Susanti. Dekan FPH menyampaikan kesediaan dari UNIMMA untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut, nantinya Bp. Prihantoro selaku Kaprodi ILKKM yang akan berpartisipasi untuk menjadi narasumber.

Harapan dari hasil koordinasi ini, para calon narasumber bisa memberikan materi digital marketing yang relevan dengan kebutuhan masing-masing Desa Wisatanya.

By Published On: Jumat, 3 November 2023Views: 203

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!