BOB – Magelang, Dalam upaya meningkatkan akses pembiayaan bagi pelaku usaha pariwisata dan
ekonomi kreatif, Badan Otorita Borobudur menggelar kegiatan Sosialisasi Pembiayaan Mikro bagi Pelaku Usaha Parekraf di Kawasan Gerbang Gajah Kembanglimus di Aula Community Center Gerbang Gajah Kembanglimus, Kab. Magelang, Selasa (19/09/23)

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Badan Otorita Borobudur dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Bank Mandiri, Klik Digital Nusantara dan DPPM UII . Peserta sosialisasi ini terdiri dari para pelaku UKM pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Gerbang Gajah Kembanglimus.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kab. Magelang, Mulyanto dan dihadiri oleh Ketua Pokja Modal Ventura dan Pembiayaan Spesifik Kemenparekraf, Ginda Arthur Manurung serta Kepala Bidang Dinas Perdagangan Koperasi & UKM Kab. Magelang, Hery Purwanto.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kab. Magelang, Mulyanto menyampaikan sangat berterima kasih kepada BOB atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Diharapkan teman-teman pelaku usaha parekraf bisa menambah pengetahuan dengan apa yang mereka peroleh melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan kualitas usahanya”

Dalam kesempatannya, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB, Bisma Jatmika menyampaikan “Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi khususnya dalam bidang Parekraf di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.”

“Namun di balik peran dan kontribusi yang cukup baik terhadap perekonomian Indonesia, sektor ini masih menghadapi kendala yang sangat mendasar sehingga banyak yang belum mampu untuk meningkatkan kapasitas usahanya salah satunya dari sisi pembiayaan.”

“Selaras dengan hal tersebut kegiatan ini memberikan edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat khususnya pelaku UKM parekraf terkait pembiayaan mikro di Kawasan Gerbang Gajah Kembanglimus” tegasnya.

sosialisasi pembiayaan

Dilain kesempatan, peserta juga diberikan workshop pengelolaan keuangan dan pembekalan pemasaran digital berupa meningkatkan produktivitas dan kecakapan digital bagi pelaku usaha Parekraf dalam mengembangkan usahanya dengan sistem pembayaran hingga marketplace dan pemanfaatan perkembangan digitalisasi.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengarahkan para pelaku usaha untuk memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing guna mendorong sisi produktivitas ekonomi.

 

 

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB
By Published On: Selasa, 19 September 2023Views: 288

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!