Bentuk upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) parekraf di Kabupaten Gunungkidul

Gunungkidul, 21 Agustus 2023 – Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) gelar Pelatihan dan Sertifikasi Hospitality SDM Parekraf di Kabupaten Gunungkidul sebagai bentuk peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Dalam Pelatihan dan Sertifikasi Hospitality dibuka oleh Direktur Utama, Badan Pelaksana Otorita Borobudur di Hotel Santika, Kab. Gunungkidul, Senin (21/8/2023). Dirut mengapresiasi pelatihan ini “Terima kasih saya ucapkan atas kesungguhan dan komitmen para peserta pelatihan dan sertifikasi hospitality ini, karena selama 86 hari ini peserta akan benar-benar dilatih segala hal terkait dengan hospitality. Tidak hanya teori juga langsung ada praktik nya selama 2 hari” ujarnya.

agustin peranginangin dalam pelatihan dan sertifikasi

Sejalan dengan hal tersebut, Bisma Jatmika, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPOB juga menyampaikan detil pelatihan tersebut “Harapannya setelah mendapatkan Pelatihan dan Sertifikasi Hospitality, akan memberikan dampak terhadap peningkatan kompetensi bagi 20 (dua puluh) SDM Parekraf terampil yang tersertifikasi di bidang hospitality dengan skema pelatihan Front Office (Bill Boy), Food & Baverage (F&B Produk, Waiter/s), House Keeping (Room Attandent), yang siap untuk menjadi tenaga kerja langsung di Kapanewon Gedangsari, Ponjong, Semin, Saptosari, Patuk, Tepus, Kabupaten Gunungkidul dan sekitarnya,” ujarnya.

Pelatihan dan sertifikasi hospitality ini berlangsung selama 86 hari, yang terdiri dari 1 hari Pembukaan, 6 hari Pelatihan, 2 hari Experience Learning di Hotel Berbintang, 75 hari Lab Teaching, 1 hari Uji Kompetensi dan 1 hari Penutupan.

Pada Minggu, 20 Agustus 2023 telah dilaksanakan proses finalisasi recruitment peserta melalui test wawancara dan penandatanganan komitmen peserta, pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Kedung Kandang, Nglanggeran.

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB
By Published On: Senin, 21 Agustus 2023Views: 386

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!