MAGELANG (BOB)- Badan Otorita Borodur terus mengkampanyekan Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap pelaku pariwisata serta ekonomi krekatif yang terdampak Covid-19. Setelah di DIY, giliran kawasan Jateng yang menjadi lokasi sasaran kampanye gerakan ini.
“Setelah pekan-pekan sebelumnya kami kampanyekan Gerakan BISA di DIY, kali ini gantian Jateng yang kami sertakan. Karena Jateng juga menjadi wilayah kerja kami,” imbuh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita usai menghadiri kegiatan Gerakan BISA di Balkondes Bumiharjo, Kabupaten Magelang, Selasa (25/8).

Menurut Indah, Gerakan BISA di Provinsi Jawa Tengah ditujukan untuk mendukung Desa Wisata bangkit kembali setelah terpuruk akibat pandemi Corona. Dalam Pelaksanaannya nanti gerakan ini, akan menyasar pada tujuh desa wisata yang ada di Jawa Tengah dengan pemberian bantuan berupa peralatan kebersihan beserta kelengkapannya dan fasilitas posko kesehatan antara lain tenda sarnavil, thermo gun dan lainnya. Pihaknya juga berkolaborasi dengan dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang untuk melaksanakan gerakan BISA ini di destinasi wisata yang berada di sekitar zona otoritatif BOB.

“Gerakan BISA dilakukan guna memepercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemic Covid-19, sehingga siap menyambut wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Gerakan BISA juga bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan bahwa destinasi wisata kembali aman dikunjungi, setelah ditutup akibat Covid-19 dan segera dibuka kembali,” tutur Indah Juanita.

Gerakan BISA sendiri merupakan salah satu program Badan Otorita Borobudur, Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang mengikutsertakan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan destinasi pariwisata untuk menyambut wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Maka penting bagi seluruh stakeholder pariwisata menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” tegas wanita murah senyum ini.

Gerakan BISA tersebar di tujuh titik desa wisata di sekitar zona Otoritatif BOB antara lain berada di Kabupten Magelang yakni Desa Wisata Bumiharjo, Desa Wisata Tegalarum, Desa Wisata Kembanglimus, Desa Wisata Kenalan dan Desa Wisata Banyuroto. Sedangkan di Kabupaten Purworejo ada Desa Wisata Benowo dan Desa Wisata Sedayu. Rangkaian Gerakan BISA juga terdapat Aksi Gotong Royang untuk membersihkan destinasinya dan penempatan bantuan yg sudah di berikan yang dilaksanakan mulai 25 Agustus hingga 27 Agustus ini. (*)


Tim Komunikasi Pubik BOB

By Published On: Selasa, 25 Agustus 2020Views: 123

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!