SLEMAN (BOB) – Badan Otorita Borobudur mengakhiri rangkaian kegiatan aktivasi sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19 dengan Self Delcare Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Embung Senja, Sleman, Senin, 17 Agustus 2020. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi Sosialiasi, Pelatihan, Pendampingan yang sudah dilakukan pada 10 – 17 Agustus 2020.

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia yang siap menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” papar Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita saat menutup kegiatan tersebut, Senin, 17 Agustus 2020 malam. Menurut Indah, Sosialisasi, Pelatihan, Pendampingan, dan Self Declare Adaptasi Kebiasaan Baru dilakukan berupa implementasi protokol Adaptasi Kebiasaan Baru, penghitungan carrying capacity, alur wisatawan, pemetaan zonasi wisatawan, dan taffic management di Embung Senja.
“Selain itu, BOB juga telah memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam menunjang implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru kepada pengelola Embung Senja ini,” tutur dia.

Persiapan menuju New Normal Tourism maka beberapa perlu dilakukan penyesuaian tata laksana kunjungan wisatawan sesuai dengan aturan dan protokol kesehatan di daya tarik wisata. Protokol kesehatan yang telah disusun pun perlu disosialisasikan kepada pengelola daya tarik wisata agar bersiap dan sebagai upaya untuk memenuhi protokol tersebut.
“Jadi pemenuhan protokol tersebut akan dilakukan dan dikawal agar sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan. Pada akhirnya daya tarik wisata yang telah memenuhi protokol akan mendapatkan pengakuan berupa sertifikat Self Declare sehingga akan meningkatkan rasa kepercayaan kepada wisatawan saat berkunjung ke daya tarik wisata,” papar dia.

Sebagai acara penutup, pada tanggal 17 Agustus 2020 dilakukan Self Declare. Acara diawali dengan prosesi budaya dari lembaga kebudayaan Jawa “Sekar pangawikan” . Kidung puja, mantra dan doa yang ditembangkan menambah khidmat selama berlangsungnya acara. Kidung yang berisi doa dan harapan memuat pesan keselamatan bagi seluruh umat agar bangsa Indonesia segera terbebas dari pandemi covid 19. Sebagai puncak rangkaian acara self declare, ditutup dengan penanaman pohon gayam sebagai perlambang pengayoman. Self declare kali ini sengaja dilaksanakan untuk merayakan HUT kemerdekaan RI ke-75.

Acara Self Declare di Embung Senja ini merupakan pilot project BOB untuk membantu aktivasi destinasi yang ada di DIY. Self declare merupakan kegiatan yang berisi penandatanganan komitmen dan deklarasi oleh pengelola Embung Senja agar selalu melaksanakan SOP dan protokol kesehatan sesuai hasil dari sosialisasi dan pelatihan yang telah dilakukan.
“Monitoring dan Self Declare sebagai dua hal yang merupakan wujud pengakuan bahwa daya tarik wisata telah memenuhi dan menerapkan protokol kesehatan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19 maka dilakukan asesment. Pendampingan dilakukan langsung oleh tim teknis dan auditor yang berasal dari Lembaga Sertifikasi,” pungkas Indah. (*)

By Published On: Selasa, 18 Agustus 2020Views: 210

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!