YOGYAKARTA (BOB) – Badan Otorita Borobudur terus mengkampanyekan program gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) sebagai bentuk dukungan terhadap Destinasi Pariwisata yang terdampak Covid-19. Badan Otorita Borobudur memberikan bantuan Wastafel Portable untuk dipasang di Destinasi Pariwisata Tamansari dan Museum Kereta, Keraton Ngayogyakarta sebanyak sepuluh unit.. Wastafel tempat pencuci tangan berbentuk gentong air itu merupakan bagian dari komitmen satuan kerja dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menyambut adaptasi kebiasaan baru di Destinasi Pariwisata Lingkungan Keraton Ngayogyakarta.

“Beberapa waktu lalu kami sudah membagikan wastafel Portable kepada sejumlah destinasi wisata di DIY dan kali ini giliran daya tarik wisata di kawasan Kraton Jogja, tepatnya di Tamansari,” papar Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita usai penyerahan wastafel kepada perwakilan dari pihak Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Tamansari, Rabu (12/8), yang dihadiri oleh Gusti Kanjeng Ratu Bendara, RM Bambang Prastari, Bapak Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.Selain di Tamansari, oleh BOB, wastafel-wastafel sudah dipasang di beberapa lokasi Destinasi antara lain di kawasan wisata Malioboro, Pantai Parangtritis Bantul, Pantai Baron Gunung Kidul dan Desa Wisata Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo. Adapun di Tamansari, pemasangan wastafel dilakukan serentak hingga Museum Kereta Kraton. Diserahkan oleh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita kepada GKR Bendara selaku perwakilan Kraton.

“Pada masa New Normal Tourism saat ini tentunya budaya hidup sehat harus selalu dilakukan. Akan banyak wastafel di lokasi-lokasi wisata dan kami memilih gentong air untuk sarana mencuci tangan,” jelas dia.Instalasi gentong air didesain khusus dengan meniadakan sentuhan tangan ke tempat sabun dan kran air, dengan dialihkan semua ke pijakan kaki yang ada di bagian bawah. Tempat gentong juga didesain khusus dengan motif batik.

BOB berharap, dengan persembahan wastafel portable ini, kiranya dapat ikut serta berperan dalam mencegah penularan dan penyebaran Rantai Covid-19 serta mendukung Gerakan BISA untuk menyambut Adaptasi kebiasaan Baru bagi masyarakat DI Yogyakarta dan sekitarnya.

“Wastafel yang luar biasa dari buatan lokal Yogyakarta sendiri, dengan estetikanya juga yang indah. Dari segi fungsi, tidak ada sentuhan tangan lagi untuk menggunakannya karena semua dengan pijakan kaki jadi lebih efisiensi dan dari pembuatannya pun sudah mengerucut ke design Tamansari, semua sama dengan di Tamansari” tandas Gusti.

By Published On: Kamis, 13 Agustus 2020Views: 255

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!