Magelang – BOB, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) menggandeng Traveloka dalam kegiatan Optimalisasi Local Homestay dan Balkondes di area sekitar Borobudur dengan mengusung tema Strategi Pemasaran Homestay di Traveloka. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan, Bisma Jatmika bertempat di Balkondes Karangrejo pada sore ini (11/7).

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut MoU antara BUMDes dan Asosiasi Homestay tentang Pengelolaan Homestay di tiga Desa yakni Desa Karangrejo, Karanganyar dan Tuksongo.

Dalam sambutannya, Bisma Jatmika menyampaikan bahwa penting bagi pengelola homestay dan balkondes serta Pemerintah Desa untuk meningkatkan kualitas amenitas di Desa Wisatanya melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Market Manager Cluster Lead Traveloka, Agus Wijayanto memaparkan bahwa Traveloka tidak hanya fokus pada hotel, namun juga menawarkan beragam akomodasi, termasuk homestay. Traveloka memiliki banyak kanal pemasaran dan media komunikasi yang tersebar di enam negara dengan 122 juta pengguna dan berfokus pada pemasaran online.

Pentingnya memaksimalkan pemasaran melalui platform online menjadi highlight dalam sesi pemaparan. “Saat ini langkah yang lebih penting adalah mengejar pasar, tidak perlu takut meskipun fasilitas belum lengkap” ujar Agus Widiyanto.

Traveloka juga sudah memiliki berbagai klasifikasi homestay yang memungkinkan homestay dengan fasilitas yang belum lengkap tetap terlihat di platform tersebut.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi pionir penggerak untuk kesejahteraan dan pemanfaatan homestay yang ada, meningkatkan kunjungan dan sebaran wisatawan yang merata, serta membangkitkan perekonomian pasca pandemi dan memperluas lapangan pekerjaan.

By Published On: Selasa, 11 Juli 2023Views: 341

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!