Desa Wisata Sambiroto

Sebuah desa yang memiliki potensi destinasi wisata air mempesona, Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri ini menyimpan sumber mata air yang dapat dikembangkan menjadi wisata air baru di Wonogiri.

Pemerintah Desa sudah mencoba hal tersebut, dan saat ini sudah ada gapura masuk dengan tulisan Wisata Air Soka Nandi Sambiroto, ada juga kolam renang anak di sisi barat sumber mata air, dan kolam air dengan luas mencapai 50m x 30m yang memang sudah ada sejak tahun 1950-an dan berisi aneka jenis ikan tawar, kedalamannya pun sekitar 1,5m hingga 3m.

Tersedia perahu bebek dikolam tersebut untuk disewakan, kamu bisa menyewanya hanya dengan tarif Rp. 10,000 saja untuk setiap 15 menitnya. Kamu  juga bisa loh bersantai di gazebo yang telah disediakan, terdapat dua gazebo di tepi sebelah utara kolam tersebut. 

Tidak hanya itu, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan sawah disebelah utara area wisata, untuk masuk ke lokasi wisata pun belum ada retribusi yang harus kamu bayarkan loh. Karena bagi pihak pengelola wisata ini masih butuh banyak perkembangan dan belum saatnya mematok harga tiket masuk. 

Wisata ini sudah pernah dikaji oleh tim dari Universitas Sebelas Maret, dan Pemerintah Desa menjadikannya sebagai pijakan dalam pengembangan wisata tersebut. Kita do’a kan saja semua rencana bisa direalisasikan ya teman-teman, karena hal ini bisa saja meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menambah pendapatan asli desa. Saat ini saja sudah ada beberapa pedagang yang menjual aneka kuliner di luar area Wisata Air Soka Nandi ini. Semoga saja Wisata ini bisa lebih maju dan banyak diminati ya.

By Published On: Selasa, 10 Oktober 2023Views: 460

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!