YOGYAKARTA (BOB)- Badan Otorita Borobudur secara simultan terus memberikan motivasi kepada para pengelola Destinasi Pariwisata. Salah satunya dengan menggelar Aktivasi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Workshop dan pelatihan Konten Digital yang kali ini menyasar pengelola wisata Tebing Breksi, Sleman.

“Hari ini kami gelar pelatihan untuk pengelola wisata. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM pengelola di lokasi wisata tersebut,” papar Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Jumat (7/8/2020). Indah mengatakan pelatihan yang digelar merupakan wujud kepedulian pihaknya guna meningkatkan semangat optimisme kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka bangkit di tengah pandemi virus Covid-19.

Pelatihan yang digelar juga diharapkan mampu memberi narasi positif bagi pelaku wisata maupun wisatawan dalam rangka menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. “Kami berharap pelatihan ini mampu memberi penawar bagi bangkitnya industri pariwisata. Dengan adanya program aktivasi SDM Parekraf melalui workshop dan pendampingan konten digital ini nantinya akan menggerakkan kepercayaan pelaku wisata maupun wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata kembali dengan penyesuaian-penyesuaian sesuai protokol kesehatan yang sudah diterapkan,” jelas Indah.

Berlangsung di Tebing Breksi, Workshop dan Pendampingan Konten Digital digelar mulai Jumat-Minggu (7 – 9 Agustus). Setelah mengikuti workshop, peserta akan mendapatkan pendampingan konten digital selama tiga kali yakni pada 14, 21 dan 28 Agustus ini.

Selama workshop dan pendampingan, peserta bakal mendapatkan materi dan pelatihan pada tiga sub-bidang ekonomi kreatif meliputi fotografi, videografi, dan narasi/teks. Adapun pelatihan dilakukan oleh mentor yang profesional di masing-masing bidang, yakni Ulet Ifansati sebagai mentor fotografi, Budi Satriawan (mentor videografi), dan Aisyah Hilal (mentor narasi/teks). Kedepan diharapkan Pengelola Tebing Breksi dapat mengambil objek gambar baik dengan foto maupun video dari segala sudut enggel dan memberikan narasi yang bisa memberikan informasi yang efektif kepada wisata atau masyarakat.

“Pada akhir workshop dan pendampingan ini para peserta akan menampilkan karya mereka selama kegiatan dengan objek kawasan wisata sekitar Tebing Breksi,” sambung Bisma Jatmika, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur. Bisma menambahkan, pada kegiatan workshop dan pendampingan SDM kali ini, BOB telah berkomunikasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Provinsi DIY. BOB juga telah berkoordinasi langsung dengan pengelola destinasi dan pelaku wisata yang akan diajak kerjasama dalam peningkatan kemampuan SDM konten digital untuk mengetahui program yang diinginkan pengelola destinasi wisata “Pasca kegiatan ini, peserta diharapkan mempunyai bekal untuk mengembangkan kreatifitas terkait konten digital dengan memanfaatkan teknologi yang dimiliki. Selain itu mereka mampu menjadi solusi tepat bagi permasalahan kepariwisataan yang saat ini sedang menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru pandemi Covid-19” tandas Bisma.

 

Tim Divisi Komunikasi Publik BOB

By Published On: Sabtu, 8 Agustus 2020Views: 198

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!