Waduk Gajah Mungkur

Adanya waduk di Indonesia memang memiliki peran penting, selain sebagai reservoir air, adanya waduk juga bisa untuk kepentingan pariwisata. Diantara banyaknya waduk yang telah memberikan pengalaman rekreasi dengan berbagai suasana, salah satunya ada Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri.

Waduk Gajah Mungkur ini merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dengan Jepang, lahannya merupakan lahan gabungan beberapa desa yang ditenggelamkan. Danau buatan ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan berbagai aktivitas rekreasi yang bisa kamu coba di sana.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, untuk dapat masuk ke Waduk Gajah Mungkur kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-. di hari biasa dan Rp. 12.000,- di hari libur, tersedia juga beberapa wahana yang memberlakukan tiket terpisah. Akan tetapi jika hanya ingin bersantai dan memancing kamu tidak perlu membayar tiket masuk ya.

Waduk Gajah Mungkur ini memiliki pesona panorama alam  yang cantik, sehingga menjadikannya salah satu wisata terpopuler di Wonogiri. Untuk luasnya sendiri mencapai 8.800 hektar loh, atau setidaknya menempati luasan wilayah 7 kecamatan. Waduk ini juga menjadi hulu dan tampungan bagi beberapa aliran sungai seperti Bengawan Solo, Sungai Tirtomoyo, dan Sungai Posong.

Pemandangan Saat Musim Kemarau

Sebagaimana telah dituliskan, lokasinya yang ada di lahan bekas beberapa desa ini menjadikannya memiliki keunikan tersendiri saat musim kemarau tiba. Saat itu ketinggian air akan turun dan surut hingga menampakkan dasarnya di beberapa titik. Bak kisah Atlantis, waduk ini akan memperlihatkan sisa-sisa kehidupan. Kamu bisa melihat jejak-jejak peninggalan desa yang ditenggelamkan itu, akan ada bagian-bagian bangunan seperti pondasi dan pilar. Ada juga sumur, jalan beraspal, hingga jembatan kereta api.  

Arena Swafoto

Saat bertandang ke sana, kamu akan dapat menemukan spot-spot foto yang menarik untuk kamu dapat mengabadikan moment. Banyak spot yang berupa instalasi kreatif yang sengaja dibuat, seperti kursi berhias, sayap, sampai berbagai properti menggemaskan lainnya. Tapi ada juga loh spot foto sederhana yang menjadi favorit pengunjung, yaitu Watu Cenik. Merupakan batu dengan ukuran besar yang menyuguhkan panorama waduk dari atas, di sana kamu bisa dapatkan panorama danau dengan leluasa tentunya.

Perahu Syahdu

Tidak hanya berfoto, kamu juga bisa menikmati rekreasimu dengan tur berperahu. Udah kebanyang dong serunya gimana?. Di sana tersedia wahana perahu untuk wisatawan yang ingin mengitari area danau, kamu juga bisa kok memilih perahu atau kapal cepat. Cocok deh buat menikmati acara piknikmu bersama keluarga. Bahkan objek wisata Waduk Gajah Mungkur ini juga menyediakan taman hiburan berupa Taman Satwa dan Waterbom loh.

Fasilitas

Kawasan objek wisata Waduk Gajah Mungkur ini telah memiliki fasilitas umum seperti plasa dan juga beberapa dermaga, area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, dan beberapa warung makan dengan aneka menu yang beragam.

Gimana? tertarik berkunjung? lokasinya ada di Jl. Raya Wonogiri-Pracimantoro, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Sekitar 6 km ke arah selatan dari pusat kota ya…!

By Published On: Rabu, 4 Oktober 2023Views: 2288

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!