Kab. Batang, BOB – Kenduri Kopi merupakan acara yang diselenggarakan oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Batang Coffee atas bentuk rasa nikmat atas hasil panen kopi. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 2023 di Kebun Lab. Batang Coffee, Batang. Dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang, Ibu Lani Dwi Rejeki yang mengharapkan kedepannya bahwa acara seperti ini terus dapat diselenggarakan dan semakin diminati masyarakat luas “Saya sangat senang dengan diselenggarakannya Kenduri Kopi untuk ke tiga kalinya, yang pertama dilakukan pada tahun 2021 ketika covid sudah mulai mereda. Harapan saya sebagai juga seorang yang menyukai kopi, semoga kedepannya Kenduri Kopi semakin dikenal masyarakat luas dan semakin mengenal Kab. Batang sebagai penghasil kopi terbesar dan terbaik di Jawa Tengah.” ujarnya. (21/6)

Kenduri Kopi Batang

Kenduri Kopi tahun ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kab. Batang, Bapak Yarsono dan Kabid Ekraf Ibu Nuni Traningrum, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Batang, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) yang diwakili oleh Ricky Harris F. sebagai Kepala Divisi Pemasaran Nusantara. Kenduri Kopi merupakan acara swadaya yang diikuti oleh seluruh petani kopi se-kab. Batang, penggiat kopi, pengusaha kedai dan Dinas terkait yang membidangi perkebunan, pertanian dan perdagangan.

Kenduri Kopi Batang

Salah satu rangkaian acar Kenduri Kopi adalah Battle V60 Kenduri Kopi , dengan bahan dasar kopi robusta surjo pada babak penyisihan, kopi silurah pada babak semifinal dan kopi genting pada babak final. Tahun ini peserta Battle V60 Kenduri Kopi berjumlah 36 peserta dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, peserta paling jauh berasal dari Banyuwangi dan Madura, selain itu peserta juga ada dari berbagai daerah seperti Kendal, Jepara, Pekalongan, Salatiga dan Pemalang. Untuk memeriahkan acara pada battle V60 ini, KUB Batang Coffee juga mengundang Juri Nasional yaitu Titik Rachma (BA Santino Coffee Joourner, @titik_04), Haryo Kurniawan (Dav Roastery, @ngicip_kopi), Imas Suryanti (Q Grader, @imas_suryanti), Heru Hartono (Oasis Coffee Space & Roastery, @oasiscoffeePekalongan) dan Ahmad Yoga Prasetyo (Panavela Roastery, @ahmad.yogaprast).

“Perjalananku takkan pernah usai, seperti kopi yang tak pernah berhenti memberiku inspirasi tentang sebuah perjalanan”

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB
By Published On: Rabu, 21 Juni 2023Views: 660

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!