Gunung Sewu ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) yang sudah menginjak usia satu dasawarsa. Kawasan Gunug Sewu memiliki luas 1.802 kilometer persegi yang membentang di Kabupaten Gunungkidul, Pacitan dan Wonogiri. Setidaknya ada 33 geosite di Gunung sewu yang terbagi menjadi 13 titik, masing-masing ada di Gunungkidul dan Pacitan dan 7 titik di Wonogiri. Titik yang menjadi bagian dari Gunung Sewu di Kabupaten Gunungkidul adalah Gunung Api Purba Nglanggeran.

geopark night specta

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menggelar Semarak Geopark Night Specta di Gunungkidul 5.0 dalam rangka satu dasawarsa Gunung Sewu sebagai UGG. Pada acara ini perwakilan dari Badan Pelaksana Otorita Borobudur yaitu Bapak Yusuf Hartanto selaku Kepala Divisi Komunikasi Publik hadir untuk memeriahkan acara tersebut. Selain itu, acara ini juga dilaksanakan guna membranding dan mengenalkan kembali kepada masyarakat dan wisatawan luas soal status Gunung Sewu dalam Global Geopark Network yang diresmikan oleh UNESCO sejak 21 September 2015.

Event yang dipusatkan di Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul itu terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan seperti lomba poster SMP/SMA, mini semiar geopark, tari tradisional hingga musik dan etnik gamelan. 

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono menyampaikan pada tahun 2022 Kabupaten Gunungkidul telah ditetapkan menjadi Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif kategori seni pertunjukan 

“Melalui event ini, diharapkan jumlah kunjungan wisawatan di kawasan Gunung Sewu di Kabupaten Gunungkidul terus meningkat” kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono

Pengelolaan geosite mengacu pada 3 pilar yaitu konservasi, edukasi dan pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui 3 pilar tersebut rangkaian acara Geopark Night Specta 4.0 memberikan penghargaan kepada masyarakat, beberapa kategori seperti Kategori Pilar Edukasi yang diberikan kepada Pokdarwis Jagad Lega, Kategori Pemberdayaan Masyarakat yang diberikan kepada Pokdarwis Nglanggeran, Kategori Konservasi yang diberikan kepada Pokdarwis Luweng Kalisuci, Kategori Pemberdayaan Masyarakat Geopark kepada HPI DPC Gunungkidul,  serta Kategori Edukasi kepada SMAN 1 Wonosari.

 

 

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB
By Published On: Sabtu, 17 Juni 2023Views: 566

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!