PURWOKERTO, BOB – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terpukau dengan bakat yang dimiliki penyanyi Putri Ariani. Mereka berbincang langsung pada sharing session dalam pameran UMKM Kreatif di Rita Supermall Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2023).

Sandiagan Uno dengan Putri Ariani

Sandiagan Uno dengan Putri Ariani

Sebelumnya, Putri telah golden buzzer dalam ajang America’s Got Talent 2023. Dan menuai pujian dari warga dunia.

“Kami melihat talenta yang sangat luar biasa dalam sub sektor ekonomi kreatif musik yang bisa membawa kebanggaan Indonesia,” ujar Sandiaga.

Menurutnya ada sekitar 60 ribu warga di Indonesia yang hidup dari industri musik. Potensi ini dapat dikembangkan secara maksimal guna mendongkrak sub sektor ekraf. Kehadiran Putri seperti memberi angin segar di kancah ekraf musik Indonesia.

“Putri memberi harapan dan semangat bahwa kita bisa mendunia, menjadi yang terbaik. Dan kebangkitan Indonesia akan ditorehkan talenta-talenta seperti Putri yang telah memberikan kontribusi nyata menuju Indonesia Emas,” jelasnya.

Sementara itu, kunjungan kerja Sandiaga merupakan bagian dari rangkaian yang sebelumnya dilaksanakan di Batang dan juga Tegal. Sandiaga melaksanakan Kunjungan Kerja di tiga lokasi.

Tujuan program ini sebagai pendorong ekonomi desa dan sarana promosi untuk menampilkan potensi desa-desa wisata di Indonesia. Sasarannya ialah wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu juga untuk mendorong terciptanya lapangan kerja melalui pengembangan pariwisata berbasis komunitas.

 

Ekraf

Sandiaga menyebut dengan kebangkitan ekonomi yang dimulai dari desa maka diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Di sisi lain, program ini berfungsi untuk mengumpulkan database desa wisata baru melalui pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Setelah berhasil mencapai 1.831 peserta pada tahun 2021 dan meningkat tajam menjadi 3.419 desa wisata pada tahun 2022, pada tahun 2023 ini sudah terdaftar 4.573 Desa Wisata dari Sabang sampai Merauke.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga didampingi Bupati Banyumas, Achmad Husein, bersama Forkompinda Kabupaten Banyumas. Turut hadir juga perwakilan dari Badan Otorita Borobudur, yaitu Plt Dirut Agustin Paranginangin dan Direktur Industri Kelembagaan Bisma Jatmika.

Plt Dirut Badan Otorita Borobudur, Agustin Paranginangin mengatakan salah satu kunjungan ialah ke Desa Wisata Pakunden. Terletak di Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, merupakan desa wisata berbasis kreatif yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisanggeni.

“Desa ini merupakan salah satu Desa Wisata unggulan di wilayah Banyumas dan masuk dalam 75 desa yang meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI),” ujarnya. (*).

 

Tim Komunikasi Publik, BPOB

By Published On: Rabu, 14 Juni 2023Views: 393

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!