Embung Kledung, Panorama Alam yang Luar Biasa

Merupakan tempat yang cocok buat kamu ajak anak-anakmu berkemping ria diantara panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Embung Kledung namanya. Lokasinya ada di Jl. Raya Parakan-Wonosogo KM.12,Desa Tlahab, Kecematan Kledung Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lokasinya yang tidak jauh dari area parkir, membuatmu tidak perlu melakukan tracking yang melelahkan. Walau demikian panorama alam yang disajikan sangat luar biasa loh. Udara di sana segar dan dipadukan dengan keindahan Gunung Sindoro yang bisa kamu lihat lengkap dengan pemandangan danau buatan yang cukup besar.

Banyak loh pengunjung yang membandingkan pemandangan tersebut dengan Danau Kawaguchi yang berlatarkan Gunung Fuji. Makna Embung sendiri adalah waduk atau penampungan air, wisata ini didirikan di bekas lahan tembakau yang luasnya sekitar 83 x 83 meter, awalnya memang dimaksudkan sebagai tempat menapung air hujan yang akan mensuplai air ketika musim kemarau, namun karena keindahan alam yang dimilkinya, tempat ini pun beralih fungsi sebagai objek wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Perlu kamu ketahui dari area parkir menuju area wisata kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki, tenang saja jaraknya tidak terlalu jauh kok. Setelah melewati tangga yang berwarna warni tibalah kamu di lokasi wisata. Selain bisa menikmati panorama alamnya, kamu juga bisa camping seru, hunting spot foto, melihat perkebunan holtikultura, dan menyaksikan sunrise juga sunset.

Untuk jam operasionalnya, Embung Kledung ini buka setiap hari selama 24 jam loh, karna memang di sini kamu juga bisa camping pada area yang di sediakan. Fasilitas wisata ini cukup lengakap, seperti:

  • Area parkir yang aman
  • Kamar mandi dan toilet 
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Spot foto kece, dan 
  • Penyewaan peralatan camping

Tiket masuk wisata ini hanya Rp. 5.000,- saja per orang, tapi itu hanya tiket masuk ya, belum yang lain. Berikut informasinya:

  • Tiket Camping Rp. 15.000,- per orang
  • Parkir motor Rp. 2.000,- per unit
  • Parkir mobil Rp. 5.000,- per unit
  • Biaya parkir bagi yang menginap sebesar Rp. 10.000,- per unit.
By Published On: Kamis, 20 Juli 2023Views: 4458

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!