Goa Seplawan Purworejo

Merupakan wisata alam yang ada di Purworejo, Goa Seplawan ini sayang untuk kamu lewatkan. Goa ini ada di kawasan pegunungan Menoreh dan merupakan goa basah, yang berarti terdapat aliran air di dalamnya. Lokasinya ada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Goa Seplawan sudah dilakukan renovasi loh, seperti jalur bertangga juga penerangannya. Selain masuk pada kategori wisata alam, goa ini juga termasuk dalam wisata rekreasi dan sejarah. Dahulu pada 15 Agustus 1979, telah ditemukan arca emas 22 karat disini, dengan tinggi 9 cm, dan berat 2,5 kg yang sampai saat ini diduga peninggalan Hindu Siwa. Saat ini arca yang asli masih ada di Museum Nasional sebagai benda bersejarah, selain arca juga di temukan lingga yoni disekitaran goa tersebut. 

Kamu tetap bisa menikmati keaslian alamnya meskipun sudah ada fasilitas yang disediakan. Saat masuk kamu akan melihat keindahan stalaktit dan stalakmit loh, bahkan ada juga yang masih aktif.

Sebelum masuk ke dalam goa, kamu akan disambut patung emas setinggi 3m. Patung itu adalah replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Jika kamu tertarik untuk menelusuri goa ini, kamu tidak perlu menggunakan peralatan khusus karena jalan di dalamnya mayoritas datar dengan sesekali dibasahi aliran air. Jika beruntung kamu akan melihat kolam dengan air yang jernih saat tidak hujan.

Panjang Goa ini totalnya 750 m dengan jalur wisata buntu. disamping itu ada beberapa cabang jalan lain yang ditutup karena merupakan goa vertikal, jurang, dan ada juga yang berlumpur.

Sekitar 20 m ke dalam goa kamu akan menemukan jalur sempit, lorongnya hanya setinggi 80 cm dan hanya cukup untuk satu orang saja, di sini kamu harus menunduk sepanjang jalan yang kurang lebih 2-3 m. Tapi tenang saja, lelahmu akan sirna saat melihat keindahan Goa Seplawan.

Goa yang tersusun dari batuan kapur ini terdapat relief yang menyerupai sirip ikan hiu. Relief tersebut bahkan belum dipecahkan oleh para arkeolog sampai saat ini. Pada jarak 500 m akan ada jalan bercabang, jalur kanan adalah jalur ditemukannya arca yang juga merupakan jalur wisata. Namun pada jalur kiri kamu akan berujung di bibir jurang.

Banyaknya persimpangan tersebut dipercaya memberikan makna tersendiri sebagai nasihat loh. dimana persimpangan-persimpangan itu melambangkan hidup yang merupakan sebuah pilihan, mau ke nirwana atau ke jurang.

Goa ini  beroperasi mulai Pk 08.00 sampai Pk. 16.30 WIB ya, untuk harga tiketnya kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 5.000,- saja per orang, tapi kamu harus terus update beritanya ya karena harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. 

By Published On: Kamis, 15 Juni 2023Views: 3383

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!